Jamaluddin Al Afghani (dan Kontribusinya pada Kebangkitan Dunia Islam)

24 09 2007

Nama panjang beliau adalah Muhammad Jamaluddin Al Afghani, dilahirkan di Asadabad, Afghanistan pada tahun 1254 H/1838 M. Ayahanda beliau bernama Sayyid Safdar al-Husainiyyah, yang nasabnya bertemu dengan Sayyid Ali al-Turmudzi (seorang perawi hadits yang masyhur yang telah lama bermigrasi ke Kabul) juga dengan nasab Sayyidina Husain bin Ali bin Abi Thalib.

Pada usia 8 tahun Al-Afghani telah memperlihatkan kecerdasan yang luar biasa, beliau tekun mempela­jari bahasa Arab, sejarah, matematika, fil­safat, fiqh dan ilmu keislaman lainnya. Dan pada usia 18 tahun ia telah menguasai hampir seluruh cabang ilmu pengetahuan meliputi filsafat, hukum, sejarah, kedokteran, astronomi, matematika, dan metafisika. Al-Afghani segera dikenal sebagai profil jenius yang penguasaannya terhadap ilmu pengetahuan bak ensiklopedia.

Setelah membekali dirinya dengan seluruh cabang ilmu pengetahuan di Timur dan Barat (terutama Paris, Perancis), Al-Afghani mempersiapkan misinya membangkitkan Islam. Pertama-tama ia masuk ke India, negara yang sedang melintasi periode yang kritis dalam sejarahnya. Kebencian kepada kolonialisme yang telah membara dalam dadanya makin berkecamuk ketika Afghani menyaksikan India yang berada dalam tekanan Inggris. Perlawanan terjadi di seluruh India. Afghani turut ambil bagian dari periode yang genting ini, dengan bergabung dalam peperangan kemerdekaan India pada bulan Mei 1857. Namun, Afghani masih sempat pergi ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji.

Sepulang dari haji, Afghani pergi ke Kabul. Di kota ini ia disambut oleh penguasa Afghanistan, Dost Muhammad, yang kemudian menganugerahinya posisi penting dalam pemerintahannya. Saat itu, Dost Muhammad sedang mempertahankan kekuasaannya dengan memanfaatkan kaum cendekiawan yang didukung rakyat Afghanistan. Sayang, ketika akhirnya Dost terbunuh dan takhtanya jatuh ke tangan Sher Ali, Afghani diusir dari Kabul.

Meninggalkan Kabul, Afghani berkelana ke Hijjaz untuk melakukan ziarah. Rupanya, efek pengusiran oleh Sher Ali berdampak bagi perjalanan Afghani. Ia tidak diperbolehkan melewati jalur Hijjaz melalui Persia. Ia harus lebih dulu masuk ke India. Pada tahun 1869 Afghani masuk ke India untuk yang kedua kalinya. Ia disambut baik oleh pemerintah India, tetapi tidak diizinkan untuk bertemu dengan para pemimpin India berpengaruh yang berperan dalam revolusi India. Khawatir pengaruh Afghani akan menyebabkan pergolakan rakyat melawan pemerintah kolonial, pemerintah India mengusir Afghani dengan cara mengirimnya ke Terusan Suez yang sedang bergolak.

Di Mesir Afghani melakukan kontak dengan mahasiswa Al-Azhar yang terkagum-kagum dengan wawasan dan ide-idenya. Salah seorang mahasiswa yang kemudian menjadi murid Afghani adalah Muhammad Abduh. Dari Mesir, Afghani pergi ke Istanbul untuk berdakwah. Di ibu kota Turki ini Afghani mendapat sambutan yang luar biasa. Ketika memberi ceramah di Universitas Konstantinopel, salah seorang ulama setempat, Syaikhul Islam, merasa tersaingi. Ia segera menghasut pemerintah Turki untuk mewaspadai gagasan-gagasan Afghani. Buntutnya, Afghani didepak keluar dari Turki. Pada tahun 1871.

Afghani menjejakkan kakinya di Kairo untuk yang kedua kalinya. Di Mesir Afghani melanjutkan dakwahnya yang pernah terputus dan segera mempengaruhi para mahasiswa dan ulama Al-Azhar. Tetapi, pemberontakan kaum nasionalis Mesir pada tahun 1882 berujung pada tindakan deportasi oleh pemerintah Mesir yang mencurigai Afghani ada di belakang pemberontakan.

Afghani dideportasi ke India, tetapi tak lama ia sudah berada dalam perjalanan ke London, kota yang pernah disinggahinya ketika ia berdakwah ke Paris. Di London ia bertemu dengan Muhammad Abduh, muridnya yang ternyata juga dikucilkan oleh pemerintah Mesir.

Dari London, Afghani bertualang ke Moskow. Ia tinggal selama empat tahun di St. Petersburgh. Di sini pengaruh Afghani segera menjalar ke lingkungan intelektual yang dipercaya oleh Tsar Rusia. Salah satu hasil dakwah Afghani kepada mereka adalah keluarnya izin pencetakan Al-Quran ke dalam bahasa Rusia.

Afghani menghabiskan sisa umurnya dengan bertualang keliling Eropa untuk berdakwah. Bapak pembaharu Islam ini memang tak memiliki rintangan bahasa karena ia menguasai enam bahasa dunia (Arab, Inggris, Perancis, Turki, Persia, dan Rusia).

Afghani menghembuskan nafasnya yang terakhir karena kanker yang dideritanya sejak tahun 1896. Beliau pulang keharibaan Allah pada tanggal 9 Maret 1897 di Istambul Turki dan dikubur di sana. Jasadnya dipindahkan ke Afghanistan pada tahun 1944. Ustad Abu Rayyah dalam bukunya “Al-Afghani; Sejarah, Risalah dan Prinsip-prinsipnya”, menyatakan, bahwa Al-Afghani meninggal akibat diracun dan ada pendapat kedua yang menyatakan bahwa ada rencana Sultan untuk membinasakannya.

JURNAL ANTI PENJAJAHAN

Salah satu bukti kejeniusan Jamaluddin Al-Afghani adalah Al-Urwatul Wutsqa, sebuah jurnal anti penjajahan yang diterbitkannya di Paris. Al-Afghani mendapat sokongan seorang ulama Mesir, Muhammad Abduh. Keduanya bersamaan menerbitkan majalah Al-Urwatul Wutsqa di Paris pada tahun 1884 selama tujuh bulan dan mencapai 18 nomor. Publikasi ini bukan saja menggoncang dunia Islam, pun telah menimbulkan kegelisahan dunia Barat. Meskipun majalah ini pada akhirnya tidak mampu mempertahankan penerbitannya oleh bermacam-macam rintangan, nomor-nomor lama telah dicetak ulang berkali-kali. Di mana-mana, terutama untuk pasaran dunia Timur, majalah ini dibinasakan penguasa Inggris. Di Mesir dan India penerbitan ini dilarang untuk diedarkan. Akan tetapi, penerbitan ini terus saja beredar meski dengan jalan gelap. Di Indonesia sendiri majalah ini berhasil masuk tidak melalui pelabuhan besar. Ia berhasil masuk lewat kiriman gelap melalui pelabuhan kecil di pantai utara, antaranya pelabuhan Tuban.

Jurnal ini segera menjadi barometer perlawanan imperialis Dunia Islam yang merekam komentar, opini, dan analisis bukan saja dari tokoh-tokoh Islam dunia, tetapi juga ilmuwan-ilmuwan Barat yang penasaran dan kagum dengan kecemerlangan Afghani. Selama mengurus jurnal ini, Afghani harus bolak-balik Paris-London untuk menjembatani diskusi dan pengiriman tulisan para ilmuwan Barat, terutama yang bermarkas di International Lord Salisbury, London.

AL AFGHANI DAN IBNU TAYMIYYAH

Tidak ada perbedaan diantara keduanya, kecuali bahwa Ibnu Taymiyyah (seperti kebanyakan ulama dari generasi awal) lebih banyak berhujjah dengan menggunakan dalil-dalil agama dan pendekatan logika (mantiqy) dalam menegakkan panji/bendera yang dibawanya, seperti yang kita bisa lihat dari karya-karya beliau. Sedangkan Al Afghani lebih kepada pendekatan provokasi (dalam term positif) atau membakar semangat, menyadarkan ummat atas realitas keterpurukan mereka, serta menjalin komunikasi dengan para ulama dan pemimpin kaum Muslimin.

BEBERAPA KONTRIBUSI AL-AFGHANI

Pertama; Perlawanan terhadap kolonial barat yang menjajah negri-negri Islam (terutama terhadap penjajah Inggris). Beliau turut ambil bagian dalam peperangan kemerdekaan India pada bulan Mei 1857, juga mengadakan ziarah ke negri-negri Islam yang berada di bawah tekanan imperialis dan kolonialis barat seperti tersebut di atas.

Kedua; upaya melawan pemikiran naturalisme di India, yang mengingkari adanya hakikat ketuhanan. Menurutnya, dasar aliran ini merupakan hawa nafsu yang menggelora dan hanya sebatas egoisme sesaat yang berlebihan tanpa mempertimbangkan kepentingan umat manusia secara keseluruhan.

Hal ini dikarenakan adanya pengingkaran terhadap hakikat Tuhan dan anggapan bahwa materi mampu membuka pintu lebar-lebar bagi terhapusnya kewajiban manusia sebagai hamba Tuhan. Dari situlah Al-Afghani berusaha menghancurkan pemikiran ini dengan menunjukkan bahwa agama mampu memperbaiki kehidupan masyarakat dengan syariat dan ajaran-ajarannya.

Wallahu A’lam Bish-Shawab…

Disusun oleh: Azmi M. Haqqy (dari berbagai sumber).

About these ads

Aksi

Information

27 tanggapan

23 02 2008
memeng

saya menarik skali membaca majalah ni

21 08 2008
inayah

menarik bgt artikel si jamaluddin al-afghani ne!
tp,yg membingungkan,tokoh pembaharu islam ini sebenarnya banyak menghabiskan aktivitasnya dmn sich???
mesir kah atau india???
tolong bantu di jawab y!!!
tnhx…

wassalam

26 09 2008
Makhbub

Setahu saya Mba Inayah, Al-Afghani tidak memiliki tempat yang menetap. Baginya, dunia (bumi) ini adalah rumahnya. Dimanapun ia tinggal, disitulah pemikiran-pemikran cemerlangnya ditancapkan. Sebagian besar waktunya dihabiskan untuk membangunkan umat Islam dunia dari “tidur” panjangnya. Sampai-sampai ia memilih untuk tidak menikah. Hal ini bertujuan agar dakwahnya tidak terganggu oleh kewajiban-kewajiban sebagai kepala keluarga. Wallahu a’lam bi shawab.

20 11 2008
syafril halim

MENURUT SAYA SEBAGAI SEORANG MUSLIM KITA HARUS MENIKAH KARENA ITU JUA SALAH SATU DARI SUNAH RASUL MAKA SIAPA PUN YANG TIDAK MENGIKUTI SUNNAHKU MAKA IA BUKAN DARI GOLONGAN KU KATA ROSUL

29 05 2013
aisyah

maksud kaka al afghani itu gabisa dihitung sebagai umatnya rasul cuma gara gara ga nikah ?

22 11 2008
ade aip

tolong lah lebih jelas lagi

1 12 2008
Rizki a putra

Alhmdulillah dgn artikel ini membantu sy nylesaiin tgs mkalah. Tp yg sy hrp agr sumber2-y d tuliskan. Sukron

6 03 2009
toocool

bagaimana dg
akhirzaman.info/index.php?option=com_content&view=article&id=126:the-salafi&catid=77:salafi&Itemid=36

dan terrorism-illuminati.com/book/toc.html

6 03 2009
toocool

Asadabad bukannya di Iran?

7 03 2009
fospi

begini Mas Toocool…. di sini ada beberapa kemungkinan yang terjadi….
1. kota asadabad berada di iran.
2. kota asadabad berada di afgan.
3. kota asadabad berada di iran dan afgan (nama kota tersebut kembar).

dan yang saya ketahui di kedua negara tersebut ada kota asadabad, 2 kota yang memiliki nama kembar.

19 04 2011
Faz

salam saudara.. setahu saya juga,Asadabad ialah bandar berhampiran Hamadan di Iran :)

13 06 2009
B-Goal

Al-Afghani tetap saja al-Afghani. Dia salah seorang tokoh revolusioner di mesir. Tokoh yang pemikirannya mempengaruhi tokoh besar Muhammad Abduh, yang kemudian pemikiran itu sampai pada Muhammadiyyah di Indonesia sebagai Kaum Islam Modernis

5 10 2009
ahmad

menarik sekali

6 11 2009
masud

perlu juga untuk pembaru yang sekaliber beliau pada sekarang ini

9 01 2010
fuad

perlu di ingat, jamaludin dan taymiyyah itu hidup di abad yang berbeda.jadi ada loncatan waktu yang terlampau jauh..

16 03 2010
Gunanto

Saya pernah menonton film Jamaludin Al Afghani. Sangat menarik dan hebat orangnya.

14 04 2010
Didin kh

terimakasih.. ini sgt membantu saya dlm mengenal tokoh2 pembaharu islam..

19 10 2010
Norqaida firdausi puttri

di prlengkap lagi

3 11 2010
adin

di perluas donk

28 12 2010
Umar

Jamaluddin Al-Afghani adalah tokoh yang kontraversi,,, dalam buku2nya Anwar Jundi disebutkan tentang siapa sebenarnya Jamaluddin Al-Afghani itu,,,,,

15 02 2011
ayeb

benarkah jamaluddin gk nikah?

11 05 2011
Arif Jamaludin Al Afghani

apa benar pendiri muhammadiyah KH Ahmad Dahlan adalah salah satu murid beliau?

22 07 2011
macaronimami

sama, bener gak ya Ahmad Dahlan murid beliau, soalnya lagi baca buku Hasyim Asy’Ari dan Ahmad Dahlan..heheh..seru ceritanya wisata hati.

6 08 2011
zay

bukannya al afghani belajar di universitas syi’ah waktu pertama2?
atas:K.H. Ahmad Dahlan hanya mendapat pengaruhnya waktu belajar di Makkah

14 11 2012
12 02 2013
2 11 2013
zarfika

so? jamaluddin al afghani adalah tokoh yang mengemukakan gagasan tentang apa? islamisasi ilmu pengetahuan?, islam dan liberalisme?, pan islamisme?, post modernisme?, ataukah islam akomodatif dan alternatif?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: