Belajar di Pakistan

Sejarah berdirinya

International Islamic University Islamabad (IIUI) didirikan di Islamabad pada 11 November 1980 M. bertepatan dengan 01 Muharram 1401 H. Dalam bahasa Pakistan biasa disebut, Baina el-Aqwâm Islami University atau Universitas Antar Bangsa. Universitas ini di bangun atas aspirasi dan hasrat negara-negara Muslim yang menginginkan terbentuknya sebuah Universitas Islam berskala Internasional sebagai simbol dari sebuah kebangkitan Islam universal. Di mana program pendidikannya lebih diprioritaskan pada Islamic Studies, dengan sistem pendidikan modern yang berpijak pada al-Quran dan as-Sunnah. Namun seiring dengan perkembangan zaman IIUI mulai melebarkan sayap dan membuka beberapa fakultas umum. Dalam sistem pendidikan dan pengajaran, IIUI menjadikan Bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa pengantar dalam perkuliahan. Ketika didirikan pada zaman pemerintahan Jendral Zia-ul-Haq IIUI belum memiliki kampus sendiri karena keterbatasan dana, maka pemerintah Pakistan ketika itu memberikan tempat sementara untuk IIUI di pinggiran kota Islamabad menyatu dengan Masjid Faishal (sebuah bangunan hasil arsitektur Mr.Veda Dolokey dari Turki). Masjid ini menempati area seluas 189,705 meter persegi, dan dapat memuat 200 ribu orang. Sejak awal berdirinya hingga sekarang tak kurang 56 negara baik dari negara muslim dan nonmuslim pernah menimba ilmu. Sejak tahun 2001 IIUI telah resmi menempati kampus baru (new campus) di kota Islamabad juga, namun kampus lama masih digunakan oleh Islamic Research Institute (IRI) dan Academy dakwah juga Shariah Academy.

Tujuan didirikannya universitas ini adalah untuk mencetak individu dan masyarakat yang siap mengabdikan diri dalam melakukan pembaharuan dalam segala bidang dengan bingkai nilai dan spirit Islam yang tercermin dalam setiap pribadi pelajar ataupun staf pengajar dan juga sistem pendidikan yang diterapkan. Sehingga yang menonjol dari sistem pendidikan di IIU ini adalah, penggabungan antara sistem pendidikan klasik (turats) dan modern.

IIUI memiliki struktur organisasi yang disebut dengan Majelis al- Umana (Board of Trustees), yang memegang otoritas kebijakan mengikat atas perjalanan IIUI. Di mana Presiden Pakistan langsung menjadi penasehat dari Majelis ini, sedangkan untuk kepengurusan hariannya adalah dipimpin oleh seorang Rektor dan Presiden serta wakil Presiden.

Keunggulan Kuliah di IIUI

  1. Kurikulum yang telah terakreditasi secara internasioanal.
  2. Universitas yang menerapkan kolaborasi dengan universitas-universitas asing ternama, dan banyak diminati pelajar asing dari berbagai Negara.
  3. Universitas pertama di Pakistan yang kurikulumnya mengajarkan bidang ilmu- ilmu Islam, sains dan manajemen.
  4. Fakultas-fakultas yang bonafide dengan fasilitas kelas yang sangat nyaman dan full-AC.
  5. Studi-studinya lebih ditekankan pada bidang penelitian (research).
  6. Tata letak kampus yang sangat bagus dan fasilitas yang lengkap, khususnya dalam hal akses internet secara cuma-cuma.
  7. Tersedia bus yang membawa mahasiswa ke berbagai tujuan tanpa dipungut biaya (Gratis)
  8. Bagi mahasiswa asing disediakan hostel atau asrama.

Dosen Pengajar

Pada umumnya tenaga Pengajar International Islamic University datang dari berbagai perguruan tinggi terkenal di dunia, merupakan lulusan program S2 dan S3 dari Universitas Islam Madinah, Universitas Imam bin Saud Riyadh, International Islamic University Islamabad Pakistan, Universitas Al-Azhar Mesir, Universitas Cairo-Mesir, Universitas Punjab Lahore, Universitas Michigan Law School Aan-Abbrorr USA, Universitas London UK, Harvard University dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Tahun Akademik

  1. Awal tahun ajaran I (Fall semester) : 1 September s/d 10 Januari.
  2. Awal tahun ajaran II (Spring semester) : 1 Februari s/d 10 Juni
    1. Musim panas : 10 Mei s/d 31 Agustus
    2. Musim dingin : 1 Oktober s/d 15 Februari
    3. Musim semi   : 5 April s/d 9 Mei
  3. Liburan semester : 26 Januari s/d 4 Februari dan 12 Juni s/d 31 Agustus.

Bantuan Finansial (Beasiswa)

International Islamic University merupakan swadaya negara-negara Islam (OKI) dengan finansial terbatas, sehingga tidak seluruh mahasiswa mendapatkan beasiswa dari universitas. Dalam hal ini, beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi. Biasanya setelah ujian akan diumumkan tiga besar nama-nama yang berprestasi dari masing-masing kelas untuk mendapatkan bantuan finansial, berupa pembebasan uang kuliah sebanyak 100%. Cukup banyak dari mahasiswa Indonesia yang mendapatkannya.

Namun terdapat beberapa kemungkinan untuk mendapatkan beasiswa dengan cara mengajukan permohonan tertulis ke beberapa instansi, di antaranya, Mu’tamar al-’Âlam al-Islâmi yang berlokasi di kawasan 6th Markaz, Supermarket–Islamabad. Bantuan finansial yang terakhir ini jumlahnya tidak terlalu banyak, namun rutin setiap sebulan.

  • Sebelum antum memilih IIUI sebagai tempat belajar, ada baiknya jika antum mengenal lebih jauh melalui http://www.iiu.edu.pk/
  • Waktu yang kita butuhkan untuk proses ini semua minimal 6 Bulan, maka persiapkanlah secepatnya setelah antum berniat melanjutkan Studi ke IIUI.

Langkah-langkah

Langkah pertama

  1. Membuat passport di kantor imigrasi terdekat, syarat-syaratnya:
    1. KTP (Kartu Tanda Penduduk) (photo copy +asli)
    2. Kartu KK (Kepala Keluarga) (photo copy +asli)
    3. Akte kelahiran (photo copy +asli)
  2. Surat rekomendasi dari Kementrian Agama, syarat-syarat:
    1. Rekomendasi dari sekolah/pesantren
    2. Legalisir ijazah dan nilai akhir

Langkah kedua

  1. Mengumpulkan berkas- berkas yang akan dikirim ke IIUI:
    1. Photo berwarna
    2. Photo copy passport depan dan belakang
    3. Photo copy ( legalisir) Ijazah dan nilai akhir mulai dari SD, SMP, SMA (jika melanjutkan program S2 harus menyertakan ijazah dan nilai S1)
    4. Photo copy Kartu KK (Kepala Keluarga) 
    5. Photo copy Akte kelahiran
    6. Surat rekomendasi dari Kementrian Agama
    7. Photo copy Sertifikat bahasa (kalau ada)
    8. Mengisi formulir untuk pelajar Asing (formulir akan dikirim)
  2. Menerjemahkan seluruh berkas (point c – f) kedalam bahasa inggris ke penerjemah resmi, untuk calon S2 harus diterjemahkan di penerjemah resmi Pakistan.

Langkah ketiga

  1. Menscan seluruh syarat-syaratnya kemudian mengirimnya via email ke fospipakistan@gmail.com 
  2. Membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) di Polda setempat:

Langkah keempat

  1. Selalu mengkonfirmasi kepada teman-teman di Pakistan tuk memastikan sampainya berkas ke IIUI, meminta kepada mereka tuk memberikan kabar tentang pendaftaran.
  2. Berkas yang akan antum terima sebelum mengajukan visa:
    1. Surat panggilan dari IIUI
    2. Surat rekomendasi dari Kementriaan Pendidikan Pakistan

Langkah kelima

Membuat visa ke kedutaan Pakistan di Jalan Mega Kunigan Bart Blok E.3.9 Kav. 5-8, Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950 Phone: 021-57851836-8 Fax: 021-57851645 email: pakembassyjakarta@gmail.com.

  1. Photo ukuran passport 3×4 sebanyak 4 lembar
  2. Photo copy surat panggilan dari IIUI
  3. Photo copy surat rekomendasi dari Kementriaan Pendidikan Pakistan
  4. Mengisi form data pribadi
  5. Photo copy surat rekomendasi kementrian Agama Indonesia
  6. SKCK Polda (dalam bahasa ingggris)

(rekomendasi depag dan SKCK akan mempercepat keluarnya NOC (No Objection Certificate) dari Ministry of Interior Pakistan, kalau itu cepat keluar maka antum akan lebih cepat mendapatkan visa)

Langkah keenam

  1. Mengambil visa setelah mendapat konfirmasi dari kedutaan pakistan melalui telpon atau email, yang harus dibawa:
    1. Passport asli
    2. Membayar biaya visa (sekitar Rp. 1.300.000)
  2. Mengambil surat NOC dari kedutaan setelah menerima visa
  3. Memesan tiket pesawat ke Islamabad (Thai, Emirates, Etihad, PIA) secepatnya (bisa dibantu)
  4. Menginformasikan jadwal keberangkatan dan sampainya di Islamabad

info lebih lanjut bisa menghubungi : +92 340 5887036fospipakistan@gmail.com

102 thoughts on “Belajar di Pakistan

  1. salam,mas kamal ana kepingin banget lanjut kuliah di iiu pakistan,kbetulan ana udah selesai program s1 di cairo selesai taun 2004 jdi nganggur 3 taun kira2 langkah apa yang harus ana lakukan ,mas kamal mau g bantuin ana ngurus berkas di iiui,wass yusuf asal jawa barat

  2. ass,bwt mas yusuf…kynya qt punya kmawn sama deh!tp kl q mo nrusin s1 di iiu islamabad n skrg q mash klyah di gontr.kl mslny da info/apa,tlg ksh tau ya…coz q pengn th dpn bs klyh dsn(amiiin…) n bwt mas kamal kl brknan q jg mnta tlong gmn cara ngrusin brkas2nya.syukron….!

  3. Bismillahirrohmanirrohien……
    ahlan wasahlan wa marhaban wa uhanniukum bi tahniah wa bihululi ‘idil fitri
    “TAQOBBALALLOHU MINNA WAMINKUM”
    KULLU ‘AM WANTUM BIKHOERIN”

    Salam Ta’aruf dari uus rustiman duta mahasiswa persatuan islam (persis)kuliyyah da’awah islamiyyah ‘alamiyyah the world islamic call society libya-tripoli afrika utara
    syu’bah lughoh ‘arobiyyah wa adabuha.

    “allohu yakhudzu biaidina ilaa maa fiehie khoerun lil-islam wal-muslimien”

  4. sbuah permohonan ! sya tertarik tuk ngambil MA di Punjab university.
    apakah saudara dapat menghubungkan saya kepada mahasiswa Ind yang ngambil program tsb di Punjab. makasih

  5. kayaknya ada yang perlu dibenahi lagi tentang persyaratan yang baru diberlakukan dari KBRI, agar kawan-kawan yang ingin ke IIUI bisa mengetahui prihal tersebut dan mempersiapkannya jauh-jauh hari,
    dan satu lagi alamat kamar ente di kuwait hostel kurang lengkap tu, bisa-bisa nyasar ke blok yang laen, nomor room.53 kan banyakk

  6. I think IIUI is the best university because they have many faculty. and i would like to study here. but how can I get the application, and how about toelf score in order to can enter in this university.

    thanks for your information.

  7. mas yang memposting…
    minta tolong kurs mata uang pakistan tentang biaya sekolah diganti dengan rupiah atau dolar…
    maalahnya kita belum tau tentang mata uang pakistan..

    syukran

  8. mudahnya begini. 100$ = 6500 rupees ( mata uang Pakistan).

    100$ bisa dikatakan skitar Satu juta’an ( Dalam rupiah).

    kalo kurs Ruees, 1 Rs = 150 rupiah. masih tinggi jauh mata uang Pakistan.

  9. mas fospi..

    1. kalo ngambil S2 tapi lintas bidang bisa?
    contoh ngambil S1 Tafsir di kampus lain, kemudian ngambil S2 di IIUI Syariah, bisa..?

    2. kalo untuk progran Phd, apakah bisa dengan sistem jarak jauh? misalnya nulis di indoneisa??..

    jazaakallah

  10. mungkin bisa aku jawab Mas shohib:

    1. Anda bisa mengambilnya, dengan catatan
    – anda akan dibebani mata kuliah tambahan, karena progam S1-nya bukan diambil dari IIUI.
    – jika anda ingin mengambil progam S2 Syariah maka harus siap dengan mata kuliah berbahasa inggris, karena lumayan banyak mata kuliah dengan bahasa itu yang akan anda ambil.
    2. untuk progam Phd disini tetap diwajibkan untuk masuk kelas pada semester awal-2, selanjutnya anda bisa nulis di indonesia tetapi harus komunikasi dengan pihak kampus agar tidak terputus jika ada hal-hal baru.

    mungkin moderator bisa menambahkan dan membetulkan jika ada yang perlu dibenahi dari aku.

  11. mas fospi,

    afwan banyak nanya nih… penasaran

    ana lihat di atas, untuk fakultas ushuludddin yang ada program Phd hanya jurusan aqidah dan perbandingan agama…. betul?

    berarti untuk tafsir dan hadits ga ada?

    syukran

  12. eh afwan nambah satu lg….

    mengenai pertanyaan lintas bidang…

    misalkan dari tafsir kemudian ambil S2 di IIUI dengan jurusan ekonomi islam, bisa kah???

    afwan akh kalo agak cerewet :)

  13. penasaran itu biasa kok Mas….

    jurusan hadits insya Allah telah dibuka. tapi untuk tafsir aku kurang tahu tu Mas, mungkin moderator lebih tahu hal ini!!!

    Mas Shohib gini aja biar lebih mudah dipahami, dari fakultas manapun dari universitas manapun jika ingin mengambil jurusan yang berbeda atapun sama diperbolehkan, tetapi akan dibebani mata kuliah tambahan karena S1-nya bukan dari IIUI.

  14. eeem
    kalo keamanan pasca terbunuhnya benazir butho berefek untuk mahasiswa ga?

    secara kasar ada kemungkinan ga mahasiswa aing dideportasi?

  15. assalamu’alaikum,bt mas kamal,ak pengen bgt kuliah S1 di university of the punjab,tlong gmna cara ngurus berkas2nya soale slama ini ak dah bekerja keras tp hasile blum jelas sampe skrang.ak ingin ambil education(B.Ed).mohon informasinya di kirim ke email ak.syukron katsiro sebelume.

  16. Assalamu’alaikum…kpd FOSPI..
    kok web jarang ditambah ya..an ktemu web ini baru2 aja. O ya, info ttg beasiswa ke pakistan dong…soalnya an ktahui ustadz yanga ana knal di medan jg studi di pakistan sebelumnya..

  17. Mas Shohib

    kalo kita tidak terlibat insya Allah tidak akan mendapat masalah. dan alhamdulillah sampai sekarang tidak ada mahasiswa kita yang dideportasi dari pakistan.

  18. Ma’af Mas Ibnughaz, kami kemarin sibuk dengan ujian tengah semester dan sekarang lagi sibuk mempersiapkan ujian akhir. jadi sangat sulit untuk menambah makalah tentang keislaman.
    kita juga dibebani mengerjakan assignment/bahas (makalah kecil-kecilan untuk mata kuliah) jadi sangat sulit menulis tentang yang lain.

    untuk beasiswa di pakistan sangat sulit mendapatkannya, rata-rata mereka yang belajar di pakistan dengan biaya sendiri Mas. walaupun ada diantara mereka (tapi jumlahnya hanya dapat dihitung dengan jari) yang mendapat beasiswa dari negara ini, tapi itu karena ada kerjasama dengan pihak indonesia.

  19. Salam ajja buat brotherku di sana: Hifni alumni imarot dari Lampung, nitip dia, awas jangan di apa2in, kalo dia di apa2in, ntar site ini gw bomb, heu heu heu….

  20. assalamualaikum

    mas fospi mau nanya nih…

    untuk mengambil S2 atau S3 ada standar nilai penerimaan ga ? maksudnya nilai ketika S1 untuk yang ingin mengambil S2, dan nilai S2 bagi yang ingin mengambil S3?

    JazakaLLah

  21. assalamu ‘alaikum ust…. kef hal?? numpang tanya sikit..
    1. ana alumni LIPIA Jakarta (fakultas Syari’ah) tahun 2005.. apakah alumni lipia bisa mendaftar dengan ijazah dari LIPIA (ijazahnya ditandatangani Jami’ah Imam Riyadh, bukan dari Jakarta)??

    2. bahasa Inggris ana sangat lemah, kalau tes untuk S2 (exp. ekonomi syari’ah) apakah tesnya mesti pakai bahasa inggris?? baik di IIU atau Punjab///

    sekarang ni ana aktif dikepungurusan DPD PKS Batam. juga ketua PD IKADI kota Batam//

    jazakumullah atas infonya…ditunggu ya..
    via email juga boleh..

  22. wa ‘alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu

    sebatas info kepada rekan sekalian, semua pertanyaan yang dilontarkan kepada kita telah kami jawab via E-Mail.

  23. assalamualaikum. alhamdulillah aku di pertemukan dengan situs ini. to the point aj, aku juga ingin kuliah di pakistan, bukan apa2, karena kupikir bisa menguasai 2 bahasa internasianal, inggria n arab. lagi pula aku tertarik dengan fakul tas usuluddin khususnya akidan filsafat. oya, nanya, kalo ngambil s2 di iiui tapi s1 nya dari universita indonesia, bisa ga ya? kalo bisa kira2 ujian masuk s2 nya apa tuh, jazakumullah atas semua rekan2 tercinta yang telah membentuk forum ini.
    akhukum fillah……….
    wassalamualaikum

  24. wa ‘alaikum salam

    untuk Mas Efendi jika anda ingin melanjutkan kuliah di IIUI (international islamic university of islamabad) silahkan membaca persyaratannya di rublik BELAJAR DI PAKSITAN dengan teliti dan rinci, setelah itu bisa kontak saya melalui E-mail fospipakistan@yahoo.com atau telepon rumah +92512532379.
    setelah itu akan saya beritahu prosesnya lebih lanjut.

    Mas Efendi, dari fakultas manapun, dari universitas manapun jika ingin mengambil jurusan yang berbeda atapun sama diperbolehkan, tetapi akan dibebani mata kuliah tambahan karena S1-nya bukan dari IIUI.

    Karnan.

  25. assalamualaikum,,,ana lulusan sudan fakultas dirosat islamiyah, mau ngelanjutin s2 di fakultas syariah IIUI, kira-kira kalo punya uang sebesar 15 juta cukup ngga untuk menyelesaikan program s2 dari mulai pendaftaran sampai selesai, ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    Syukron
    mohon dibalas lewat mail ,,,,
    ( akh_fillah_26@yahoo.co.id )

  26. untuk mas Mulazam, visa hanya bisa didapat setelah ada surat kementrian dalam negeri pakistan….

    kalau anda datang ke pakistan dengan visa sebagai turis… maka anda tidak dapat menggantinya ke STUDY…

  27. Assalamu’alaikum.wr.wb
    Akh.. Syukran ats info2 “Belajar di Pakistan”nya..
    Sy mahasiswa STEI Tazkia semester akhir. Semenjak dl sy ingin sekali studi d IIUI, tp belum kesampaian.. kalau Allah mengizinkan, sy ingin sekali merajut kembali keinginan sy itu setelah S1, tuk ambil program master dsana..
    Mohon infonya :
    Apakah masa program “tahmidi” itu diluar masa kuliah reguler (2-3th)?
    Punya link (CP/email/situs) tmn2 lulusan gontor yg msh sktif studi dsn? sy lulusan thn 2004..

    Jazakumullah Khairan katsiran…!!

  28. untuk mengambil S2 atau S3 ada standar nilai penerimaan ga ? maksudnya nilai ketika S1 untuk yang ingin mengambil S2, dan nilai S2 bagi yang ingin mengambil S3?

    JazakaLLah

  29. Ikhwan Fospi yg Fresh terus… klo mo ambil S2 atau S3 dsn, bagi yg sudah berkeluarga bisa dibawa ga? maksudnya Istri & 2 anak. Trus klo bisa kira2 biaya tambahan untuk akomodasi kluarga brapaan per-bulan?

    1. bisa dibawa, tapi pengurusan visa untuk mereka agak susah…….

      untuk sewa rumah perbulan bisa diambil kasarannya 10.000 rupess
      untuk makan satu keluarga 5.000 rupess

  30. Biasanya kendala pengurusan visanya apa aja?
    ada standar TOEFL dan TOAFL nya ga untuk S2 ekonomi syariah? sayakan lulusan manajemen ekonomi bisa kan loncat ke ekonomi syariah?

    1. istri bisa dapat visa setelah anda diterima di iiui dan datang di pakistan…..
      kemudian mengajukan permohonan visa untuk keluarga……..

      toefl 500…….

      dari lulusan islamic studies juga bisa ambil ekonomi syariah……

      yang penting nanti ada tambahan mata kuliah dari kampus…….

  31. assalamu’alaikum dewan pengurus akademik n dosen2.sy mau tanya apa sj syrat mendptkan beasiswa S1 di IIU Islamabad n apa ada undungan khusus dr IIU Islamabad n apa ada perwakilan alumni IIU Islamabad d JAKARTA,jazakumulloh khoiron

    1. syarat mendapatkan beasiswa adalah menjadi mahasiswa dahulu di IIU, selanjutnya mengajukan diri u mendapatkan beasiswa…..
      kalo diterima Alhamdulillah
      kalo tidak yaa Alhamdulillah…..
      karena masih bisa kuliah…….

  32. Assalamu’alaikum,,,,, mas,, sya juga pengen belajar ke pakistan,,, tapi,, ada ngga ya beasiswa ke pakistan???? soalnya saya dah nyari” d web tapi g nemu,,,, makasih sebelumnya,, assalam,,,

    1. wa ‘alaikum salam

      sebenarnya mudah saja kalo teman2 mencari beasiswa di DIKNAS, insya Allah semua negara yang menyediakan beasiswa bisa diketahui, karena diknas juga bekerjasama dengan negera lain sebagai progam “pertukaran pelajar”, kalo jurusan agama silahkan dikonfirmasi ke DEPAG……….

  33. assalamualaikum.

    mas perkenalkan saya irna, saya lulusan S1 sastra inggris tapi dari universitas kristen di bandung..saya ingin ngambil S2 di Punjab University tapi ngambil ekonmi..skarg saya kerja di bank bni tapi baru masuk..pinginnya dapet beasiswa..gimana yah mas langkah2 yg hrus saya ambil??

    bisa ga kira2 klo dari univ kristen?tapi saya muslim dan berkerudung

    trimakasih sebelumny..
    wass

    1. wa ‘alaikum salam

      ma’af kami tidak punya link ke Univ Punjab……
      untuk sementara hanya di IIUI…..
      untuk mencari beasiswa silahkan hubungi DIKNAS…..

  34. assalamualaikum

    salam ukhwah ana min gontor rencana mau kul di IIUI tp masih bingung untuk surat2 apa az.dan kapan untuk dikirim ana mnta tlng sama antum2 yang ada disana…………

    oh ya untuk ujian apa az biar bisa di persiapkan dari sekarang

    syukron jazakumullah

    1. wa ‘alaikum salam….
      semua sudah kami jelaskan di persyaratan kuliah di IIUI…
      kalo ada poin yang belum jelas bisa ditanyakan langgsung…..

      ujian bahasa aja, mudah kok.

  35. Ass. Saya sungguh sangat tertarik untuk melanjutkan studi di IIUI !
    akan tetapi, apakah Kondisi Pakistan sekarang kondusif untuk kegiatan Belajar Mengajar ditengah ketegangan politik diantara kubu2 ekstrimis ???

    dan bagaimana perkembangan Mhs. asal Indonesia yg kuliah disana dari tahun-ketahun smpai 09 ? Mks

    1. wa ‘alaikum salam…
      kondisi pakistan yaa selalu begini setiap tahun….
      nyantai aja…. gak perlu ikut campur urusan orang lain….

      untuk jumlah pelajar di pakistan yang jelas ada ratusan… yang tersebar di berbagai kota……

      1. ust gmn cara belajar di sana?di iiui untuk s2 nya?saya s1 nya di mesir dan bisa gak kalo saya bearangkat ke sana nya langsung dari mesir gak dari indo?

  36. semua persyaratan bisa di baca di atas Mas Anwar, gak perlu ke indo kok….. tapi harus sabar nunggu panggilan penerimaan mahasiswa baru….

    tapi kebetulan untk tahun ini pendaftarannya udah di tutup tanggal 20 juli yang lalu….
    jadi kalo mau daftar tahun depan……

  37. sebelumnya makasih banyak nih wat Fospi yg udah nyaring info studi di Pakistan, bil khusus tentang IIU.
    mengenai persyaratan di atas, ada yg ingin ana tanyakan:
    -dalamketerangan “syarat-syarat pendaftaran” no. 5 yg berbunyi menyertakan TOEFL…dst. Apakah ini syarat wajib?? klu belum punya,bisakah kita nyarinya setelah sampai di Pakistan ?
    – kemudian berapa jumlah(pastinya)mahasiswa Indonesia di sana?
    – untuk kurs Rupe ke Rupiah, minta tolong dijelaskan lg yaa! skaligus mungkin biaya persmester utk islamic studies,jika langsung di rupiahkan,brp kira2 ya? biar jelas berapa yg perlu kami siapkan dalam 1 th (3 smester)?

    Syukran…

    1. syarat yang disebutkan adalah wajib di sertakan saat pendaftaran

      jumlah tepat mahasiswa indonesia disini saya kurang tahu, mungkin bisa tanya di website ppmipakistan….

      1dollar = 82 rupess

      untuk masalah berapa rupiahkan bisa di cek di website IIU.edu.pk

  38. mas.. sy tertarik nih bwt studi di pakistan.. kbetulan sy punya kenalan disana..
    kira2 mas, buat daftar di IIUI ada test apa aja..
    kan klo di indonesia ada ujian saringan masuk universitas tuh.. klo di pakistan ada ga?
    mas sharing tentang IIUI dong..
    kirim ke email sya ya..
    mkasih mas sbelumnya.. infonya bgus bnget..

    sukriya..
    wslm..

  39. assalamu alaikum
    mas, ane alumni gontor thn 2009
    dan sekarang masih dalam masa pengabdian.
    kira2 selesai pengabdian bln september 2010 dan itu wajib sampai selesai. ane minta tolong mas pemberitahuannya, kapan pendafatarannya, syarat2nya dan lain2nya. syukron
    assalamu alaikum

    1. wa ‘alaikum salam…
      semua syarat kan udah kita cantumkan diatas dengan jelas.
      kalo pendaftaran bisa daftar kapan aja…
      sekarangpun boleh daftar…

      1. ass.
        kan saya selesai pengabdian kira2 bln september. jadi bisa langsung daftar bln itu juga yah….. atau saya urus skrang nanti pas selesai pengabdian langsung berangkat? tapi saya blm tahu cara nih mengurus kuliah ke sana (yang harus dilakukan seblum brangkat, persiapan dan cara2 pendaftarannya) oh yah mas ini no hp saya 085723270547. terima kasih mas uda mau menjawab pertanyaan saya. sekali lg terima kasih.
        ass.

  40. aswrb afwan…saya ingin mengambil s2 komunikasi internasional di pakistan, setelah baca info atas tidak dicantumkan beasiswa program s2 pakistan komunikasi internasional,,,,saya pernah baca biodata tiffatul sembiring, beliau ambil komunikasi s2 di pakistan,,saya tidak tahu persis dimana,,mohon penjelasan berapa biaya dan prosedurnya, serta kemana mengurus beasiswa tersebut di Indonesia???:)

  41. assalamualiakum . . . .
    bisakah lulusan skolah negeri yang tidak mondok kul di IIUI , tapi sudah bisa berbahasa yang telah ditentukan IIUI, mohon diberi tahu kapan pendaftarannya. sukron

  42. Assalamualaikum wrwb

    Saya mempunyai seorang anak laki laki yang sekarang masih nyantri di Ponpes Husnul Khotimah Kuningan kelas 11 Aliyah…
    Dia berkeinginan untuk bisa melanjutkan ke IUII Pakistan (semoga Allah mengabulkan ..amin)..yang ingin saya tanyakan :

    1. Bagaimana cara mendaftar kesana…pembukaan pendaftaran kapan?mulai kuliah kapan(mungkin mulai tahun ajaran baru berbeda dengan indonesia)
    2. Apa yang mesti dipersiapkan (bhs inggris, bhs arab?)…berkas apa saja yang hrs disiapkan untuk pendaftaran..
    3. Bagaimana teknis nya pendaftaran serta test masuknya (karena harus test masuk di Pakistan atau bisa di Indonesia)
    4. Untuk fakultas Syariah & Law, Islamic Study serta fakultas Economics berapa biaya untuk pertama kali masuk serta uang kuliah per semester
    5. Untuk biaya hidup standart mahasiswa di pakistan berapa…

    Demikian banyak pertanyaan saya..atas bantuan saya ucapkan Jazakallah khairan kasir

    Wassalamualaikum wrwb

    Alfi

    nb : Saya berharap jawaban nya di kirim ke email alfi@fim.co.id

  43. Assalamualaikum wrwb

    Saya abdulloh, berkeinginan untuk bisa melanjutkan ke IUII Pakistan (semoga Allah mengabulkan ..amin)..yang ingin saya tanyakan :

    1. Bagaimana cara mendaftar kesana…pembukaan pendaftaran kapan?mulai kuliah kapan(mungkin mulai tahun ajaran baru berbeda dengan indonesia)
    2. Apa yang mesti dipersiapkan (bhs inggris, bhs arab?)…berkas apa saja yang hrs disiapkan untuk pendaftaran..
    3. Bagaimana teknis nya pendaftaran serta test masuknya (karena harus test masuk di Pakistan atau bisa di Indonesia)
    4. Untuk fakultas Syariah & Law, Islamic Study serta fakultas Economics berapa biaya untuk pertama kali masuk serta uang kuliah per semester
    5. Untuk biaya hidup standart mahasiswa di pakistan berapa…

    Demikian banyak pertanyaan saya..atas bantuan saya ucapkan Jazakallah khairan kasir

    Wassalamualaikum wrwb

    Alfi

    nb : Saya berharap jawaban nya di kirim ke email why_not1939@yahoo.com

  44. Assalamualaikum wrwb

    Saya MUNAWIR HUSNI berkeinginan untuk bisa melanjutkan ke IUII Pakistan (semoga Allah mengabulkan ..amin)..yang ingin saya tanyakan :

    1. Bagaimana cara mendaftar kesana…pembukaan pendaftaran kapan?mulai kuliah kapan(mungkin mulai tahun ajaran baru berbeda dengan indonesia)
    2. Apa yang mesti dipersiapkan (bhs inggris, bhs arab?)…berkas apa saja yang hrs disiapkan untuk pendaftaran..
    3. Bagaimana teknis nya pendaftaran serta test masuknya (karena harus test masuk di Pakistan atau bisa di Indonesia)
    4. Untuk USULUDIN Islamic Study serta fakultas iSslamic studis berapa biaya untuk pertama kali masuk serta uang kuliah per semester
    5. Untuk biaya hidup standart mahasiswa di pakistan berapa…

    Demikian banyak pertanyaan saya..atas bantuan saya ucapkan Jazakallah khairan kasir

    Wassalamualaikum wrwb

    munawir husni. LOmbok NTB

    nb : Saya berharap jawaban nya di kirim ke email

    awirhusni.husain@yahoo.com

  45. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    Saya lulusan Pendidikan Islam di Bandung ingin sambung pasca di Pakistan, mohon Info Studi S2 di IIUI, gmn prosedur pendaftaran, rate biaya kuliah, dokumen yg harus disiapkan, prosedure keberangkatan ke Pakistan, dll… rencana ingin ambil Psikologi atau Psikologi Pendidikan
    tlng infokan ke annajih@bismillah.com

    شكرا

  46. Assalamu’alaikum wrwb.
    ana alumni dari Persis 76 Garut, beberapa pertanyaan sbb.:
    1. Bagaimana agar dapat mengambil S2 Ekonomi Islam di IIU Pakistan untuk ana
    dan kedokteran Islam untuk anak saya di IIU Pakistan juga?
    2. Bagaimana caranya mendapatkan beasiswa?
    3. Persyaratan dan biaya kuliah serta biaya hidup setiap bulannyanya juga?
    Hatur nuhun, jazakumulloh khoiron katsiro.

    Anton Minardi
    antonminardi@yahoo.com.

  47. assalamualaikum,mubasyarotan to the poin,ana mo nanya tentang ap aj sih langkh2/cara byar bsa kuliah di IIUI Pakistan coz ana Pengen banget bsa kul d sna,yg mau ana taxain:1.afwan sblmna,ana kn alumni gontor 2011 skrg ana msh menjalani pengabdian tpi ana pengen banget bsa kuliah di IIUI tpi ana selesai pengabdian thn dpn insyaAllah bln agusts klo ga sebtember di bln itw bsa ga untk k sna?2.kuliah d sna mke bhs ap?tlng jwabnnya JAZAKUMULLAH KHOIRU JAZA,SYUKRON

  48. Askumwrwb……………….
    Ana calon mahasiswa yang tertarik belajar di IIUI.
    mohon bantuan infonya.
    info beasiswa juga sangat dibutuhkan/
    ana tertarik tuk belajar tafsir. jazakumullah.
    tlg kirim jawabannya di:
    zda39i@yahoo.com

  49. aswrwb.
    akhi/ukhti yml., berapa biaya kuliah S2 jurusan hukum di Universitas Islamabad? berapa biaya hidup per bulan di sana?
    jazakumulloh wa barokallohu lakum. amin.

    abah asad

  50. assalamualaikum..
    saya pengen banget bisa lanjut s2 ekonomi di islamabad,
    banyak mahasiswa indonesia yang belajar di IIUI, kalau saya mau belajar tentang management science apakah juga harus fasih bahasa arab?
    selain IIUI kiranya universtas mana lagi ya yang bisa saya coba daftar?
    mohon info studi nya ya? tolong kirim ke anindyapk@gmail.com
    terimakasih.. :)

  51. Assalamu’alaiku Warahmatullahi Wabarakatuh. Salam Sejahtera, akhi ana mahasiswa Jakarta jurusan Komunikasi Penyiaran Islam fakultas Dakwah semester IV program strata satu. InsyaAllah ana niat lanjutkan S2 di Pakistan, tolong infonya. Jazakallah Khairan Katsiran. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

  52. assalamualaikum
    saya mau tanya,,,jadwal pendaftarannya kapan ya untuk tahun ini??mohon dikonfirm.
    terima kasih…wassalam

  53. assalamu’alaikum..
    maaf akhy.. kalo berkenan saya ingin meminta tolong kepada antum untuk memberi tahu info mengenai pendaftaran juga berkas yang harus dipersiapkan kalo mau mengambil program master of education di IIUI.. jazakumullah..

  54. assalamu’alaikum…
    saya ingin meminta tlong,,,jika ada info beasiswa belajar di pakistan seperti pertukaran mahasiswa ke pakistan tahun 2013 atau 2014,,,, sangat minta tolong untuk memberitahu saya ke email saya : cheffitri@gmail.com
    terimakasih banyak

  55. Ada apa dengan kondisi kampus ???? Saya sangat berharap ppi segera memberi tahu saya karena saya ingin sekali belajar di pakistan,+6287746265689 whatsapp,line+wechat : sufi_punk,29D2DA8E dan ini pin bb saya,terimakasih. By : ridho banjarmasin

  56. assalam,saya mau tanya gmn y crnya daftar k iiui?trus apa ja prsyaratannya?kra2 d indonesia adaperwakilannya gk?

  57. Assalamu’alaikum
    kalau mau ngambil s2 dan s3 untuk jurusan hadits gimana carax? N testx apa aja? Gmana crax dpt beasiswa di pakistan? Ipk nya hrs brp?

  58. assalamualaikum
    1 tahun lagi saya lulus SMA , saya bingung habis itu mau kuliah dimana ? kebetulan juga saya tertarik dengan pakistan , tapi saya tidak bisa bahasanya :D

  59. Assalamu’alaykum, kalau saya lebih memilih pindah dari universitas lama saya di Indonesia (kebetulan saya mengambil sastra arab) dan ingin melanjutkan semester 2 sastra arab di sana apakah bisa? Atau semuanya harus dari semester 1? Terima kasih sebelumnya atas jawabannya. Wassalamu’alaykum.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s