PERSIS Bangil

Pesantren Putera di Bangil

Pesantren Persatuan Islam pertama kali didirikan di Bandung di Masjid Persatuan Islam pada tahun 1936 (1 Dzulhijjah 1354 H) oleh Ustadz A. Hassan (sebagai Kepala Pesantren dan Guru), M. Natsir (kelak pernah menjadi Perdana Mentri), R. Abdul Qadir dan Ustadz M. Ali Al-Hamidi (sebagai Guru) dengan jumlah siswa 40 orang dari hampir pelosok tanah air dan manca negara. Pesantren Inilah yang pada tahun 1940 dipindah ke Bangil hingga sekarang bersamaan dengan kepindahan sebagian besar pengurusnya.

Tujuan mendirkan PESANTREN itu ialah akan mengeluarkan mubalighin yang sanggup menyiarkan, mengajar, membela, dan mempertahankan Agama mereka, agama Islam, dimana saja mereka berada.

Pesantren dipindahkan ke Bangil dalam permulaan bulan Maret 1940. Murid-murid yang belum mendapat pelajaran yang cukup waktu di Bandung dibawa pindah ke Bangil, untuk ditamatkan beberapa pelajaran lagi.

Tahun 1941 adalah tahun mengembirakan sekaligus menyedihkan. Menggembirakan karena pada tahun itu muridnya berjumlah 12 orang yang sebagian besar berasal dari luar kota. Menyedihkan karena pada tahun itu pecah perang Jepang sehingga pesantren ditutup dan muridnya kembali ke daerah masing-masing. Santri dari luar pulau tidak bisa pulang pada tahun 1943 mendirikan pesantren kecil untuk anak-anak yang akhirnya pun harus ditutup pada tahun 1945 karena kondisi penjajahan yang tidak memungkinkan.

Pesantren Dalam Tahun 1950

Diakhir tahun 1950 (Oktober), sesudah keadaan dan suasana agak menyenangkan, atas permintaan banyak ibu-bapak murid-murid Pesantren dibuka kembali dengan sifat yang agak lebih luas dari yang sudah.

Anjuran itu menjadi perhatian kawan-kawan di Bangil, lalu diadakan panitia kecil terdiri dari dua tiga saudara untuk menyelenggarakannya.

Pesantren Dalam Tahun 1951

Pada tanggal 11 Juni 1951 terbentuklah satu Panitia Besar untuk menyelenggarakannya, terdiri dari saudara-saudara:

Penasehat :   1. (Alm) Moh. Natsir
2. (Alm) Muhammad bin Salim Nabhan
3. (Alm) A. Hassan

Ketua Umum: Abdullah Nabhan

Wakil Ketua: Ahmad Bauzir

Sekretaris : Hadikaslar

Bendahara : Moh. bin Salim Nabhan

Pembantu-pembantu : 1. Abdurrahman Al-Habsyi
2. Mulyosudarmo
3. Abdul Mu’in
4. H.M. Qamar
5. A. Bajuri
6. Nuruddin Karim
7. Abdul Qadir Hassan
8. H. Ismail
9. A. Karim Attamimi

Pelajar Pesantren Bangil ke Mesir

Kini Pesantren Persis baik Putra maupun Putri telah berdiri megah di kota Bangil dengan fasilitas yang sangat mendukung proses belajar dan mengajar.

Bahkan perkembangan Pesantren ini tidak hanya menarik pelajar yang datang dari hampir seluruh pelosok Indonesia melainkan juga pelajar dai manca negara seperti Malaysia, Singapura, Mali, dll.

Demikian sejarah singkat dari Pesantren Persis.

 

 

 

210 thoughts on “PERSIS Bangil

  1. sy ingin tahu info tentang 12 murid Ustad A. Hasan, itu siapa saja. Soalnya saya punya kakek yang sampai selama ini sudah putus hubungan dengannya tentang kabar beritanya, kakekku atas nama Rajuni berasal dari Sambas, Kalimantan. Tolong kirimkan biodatanya bila ada pada emailku, terima kasih. Selamat menjalankan Ibadah puasa. Salam untuk semua keluarga Persis Bangil.

  2. Terima kasih atas kunjungan antum ke website sedehana kami, mengenai apa yang antum tanyakan kami tidak punya data lengkap 12 orang tersebut. insha Alloh, akan kami sampaikan kepada para asatidz di pesantren Persis Bangil. secepatnya.

    Wassalam.

      1. ustad ghazi abdul qadir kan udah kembali kehadrat Allah beberapa tahun yang lalu.HAMIM THOHARI IPAR BELIAU.MALAYSIA

  3. Assalamu’alaikum.

    Salam hormat buat seluruh kawan-kawan fospi di Pakistan. Baru hari ini, saya menyempatkan diri untuk click blog fospi dan juga membaca apa yang ada di Pakistan.

    Semoga banyak hal yang bisa kita bincangkan selanjutnya.

    Abu Ilkiya
    Selintas usaha untuk kembali membaca dan membacakan eksistensi persis dulu sampai hari ini, adalah sebentuk usaha yang perlu diberi stimulus. Lebih dari itu, ada harapan dari usaha pembacaan kembali tadi, kita dapat menyentuh aspek-aspek ilmiah yang boleh dijadikan kontribusi selanjutnya buat “ketahanan” ormas yang pernah menyuguhkan dan mengajarkan kita banyak hal.

    Salam hormat saya buat Adam Bakhtiar dan Suud dengan segala terobosan yang dilakukan dan mampu dieja secara baik oleh kawan-kawan, baik yang di mesir, di pakistan dan juga di kampung halaman.

  4. Assalaamu alaikum
    Saya minta tolong tentang info sistem pendidikan di Pakistan, ada tugas nih.
    Bagi yang punya tolong kirim via email,Mud_jericho@yahoo.com
    yuni alumni Persis Bangil 1994

  5. salam dari kami di kuala lumpur malaysia.aaapa masih ingat akan abang jabar dan khairi?kami doakan kalian sukses dan senantiasa dalam peliharaan allah.bagi adik-adik andai kamu mampir di kuala lumpur silakan hubungi bang jabar..60192008946 60342704651

    1. halo bagn jabar bagaimana kabarnya? wah saya kangen sekali sama antum. saya arif wahyudi (kacong) dari madura yang dulu pernah sekamar

  6. Iya bang, masih ingat. terima kasih telah sudi visit our website.. ada salam dari Muhamad Thalib Bonto. insha Alloh, kalau ada waktu nanti kita nak silaturahmi ke tempat abang…

  7. alhamdulillah, kapan aja bisa mampir…monggo ke kuala lumpur kami siap menunggu ok. bang jabar teringat sama angkatannya thalib..mabni, idham kholid, hannan…gmana kabarnya mereka.. sampai ketemu lagi daripada bang jabar

  8. Alaikumussalam Warohmatulloh.
    buat Bang NAsir.. kita juga masih inget antum.
    Syukron atas waktunya, jangan lupa mampir ke Friendsternya ALumni Bangil…

  9. abdul barr, minta tolong neh, beritahu teman-teman yang lain tentang website ini, kan lumayan nyambung silaturahmi juga. O.K

  10. Assalamualaikum.Wr.Wb
    saya santri yg sangat goblok yg gampang terikuti emosi saya ingim bnmgt kembali kponpes PERSIS BANGIL trimakasih banyak untuk ustad-ustad yg sudah memberikan pelajaran hidup i miss u ponpes PERSIS BANGIL
    terus berjuang teman2 ku?sukran!

  11. assalaamualaikum
    salam hangat kami Pimpinan Pusat Hima Persis kepada asatidz dan adik adik santriwan santriwati Persis Bangil, semoga senantiasa dilindungi-Nya.
    PP HIMA PERSIS mengundang pada SILATURAHMI NASIONAL ke 2 Santri PERSIS tgl 17-19 mei di BuPer Kiara payung sumedang Jawa Barat. bersambung….

  12. dengan format perkemahan, acara terdiri dari; perlombaan-perlombaan edukatif (maharah bahasa, puisi, debating, kaligrafi, karya ilmiah), seminar-seminar, out bond out door,dekalarasi “ikatan Pelajar Persis”. ….

  13. Tolong Cariin juga donk Sistem pendidikan di india dan Pakistan! Aku juga ada tugas penting nich..Kalo udah dapet SMS dulu ke no ku 085648086001.

  14. apresiasi setinggi-tingginya kepada pengelola situs ini.semoga silaturrahim itu tetap ada.
    sambil tetap berdoa supaya persis bangil lebih baik dari sebelumnya,coba sama-sama kita meningkatkan kwalitas diri yang ada.
    Allah yubarik fiik

  15. Ass. Bang Muazzy boleh ana SMS antum?? Ana mau komunikasikan Himpunan Mahasiswa Persis (HIMA PERSIS), kebetulan ana salah satu pengurus Pimpinan Pusat Hima Persis. Mudah-mudahan dengan ini Antum bisa bertaaruf dengan salah satu otonom PERSIS, di samping Pemuda Persis.

    Deden
    SekJen PP Hima Persis

  16. Assalamualaikum
    huh sneng rasanya bisa bersua kembali dgn keluarga2 persis.
    oh ya. saya siswa persis putri yang nggak bisa mengecap pendidikan di PERSIS dgn sempurna, ada perasaan sedih yang mendalam ketika ke2ortu saya meminta saya u/ melanjutkan pendidikan saya di Makassar, pdhl kurang setahun lagi saya akan LULUS.
    banyak hal yang saya alami di PERSIS. Masa2 di PERSIS tdk bisa bgt sj lenyap dri ingatan saya. Menurut saya kenangan selama 5 thn di PERSIS bgt indah, penih dgn rs kekeluargaan.
    PERSIS adlh t4 yang teramam bwt saya, nggak ada kaum adam yang …………, ya…. saya terjaga dr kaum Adam yang suka jail terhadap kaum Hawa.

    inti dari smuanya ………..
    PERSIS adlh segalanya bg saya.

  17. assalami alaikum……

    kekagumanku membwtku akhirnya menulis pesan singkat ini.

    pertama kali kenal persi itu dari temanku yang berinisial I…
    I… slalu menceritakan kehidupannya di ASRAMA PERSIS dgn sngt ber api-api
    I… tdk pernah bosan menceritakan kisah2 seru yang di alaminya semasa dia di PERSIS.
    iri rasanya mendengar cerita2 dari I…
    I… menggambarkan ASRAMA PERSIS adlah sebuah tempat yang sangat nyaman dan tenang, adanya rasa solidaritas yang sangat kuat, hal ini yang menyebabkan siswa-siswi PERSIS slalu LULUS dalam UN dari tahun ke tahun, karena 1 jawaban bwt smuanya, istilah SCTV 1 u/ smua, gmn gue nggak tertarik dgn pesantren ini.
    belum lagi saat2 dimana I.. lagi bokek, sangat terharu mendengar kesabaran putri2 PERSIS menahan rasa lapar ketika uang dari orang tua mereka telah HABIS, tp disisi laindisisnlah terlihat peran SAHABAT2 I… , dimana uang 5000 mereka pke u/ jajan bersama, kt I… mereka biasa beli super mie dan memasaknya, setelah itu mereka makan rame2.
    huh…………SERU….seru bgt
    nggak ada yang membwt ku bosan mendengar celoteh dari I…

    tdk ada kesan melebih2kan, terkdng gue bljr islam dari I…

  18. boleh gue lanjutkan………………….

    sempat terpikir olehku u/ menjadikan I… seorang PACAR, tp…………. perasaan itu langsung ku kubur dalam2 ketika I… menjlskn kpdku bahwa dalam islam tdk ada PACARAN. I… menanyakan keseriusanku u/ ……………. dan akhirnya I memintaku u/ melamarnya ke orang tuanya, sayang aku belum sanggup u/………………
    akhirnya rasa itu benar2 harus ku kubur dalam2

  19. untuk Mas Hariyadi, semua yang Mas dengar dari Saudari I…. adalah benar. namanya juga tinggal di asrama Mas, senang susah ditanggung bersama.

    salam dari para anggota FOSPI-PAKISTAN untuk keluarga Mas Hariyadi, Semoga sehat selalu sepanjang tahun dan dimudahkan segala urusan.

    dan titipkan salam kami untuk saudari I….
    oh yaa sampaikan juga “supaya menginformasikan tentang website ini kepada rekan-rekan I…. yang lain”
    agar silaturrahmi tetap berjalan sesama alumni serta abituren khususnya dan umat ini umumnya.

  20. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Saya Husnur Rizki Maulana, alumni Mts PERSIS Bangil angk. 2004.
    Mungkin tidak banyak dari antum yg mengenal saya, karena saya hanya 3 tahun di PERSIS dan saya juga bukan merupakan santri yg terkenal.
    Senang sekali rasanya bisa bertemu dan berkumpul lagi sesama alumni PERSIS Bangil meskipun tidak secara langsung, dan tidak saling mengenal. Karena di PERSIS -lah, saya bisa tau apa itu Islam yg sesungguhnya, meskipun saat ini saya masih belum bisa dibilang orang Islam yg taat, tapi saya masih akan terus berusaha untuk menjadi seorang muslim sejati.
    Banyak sekali kenangan yg terukir selama 3 tahun saya belajar di PERSIS, dan itulah pengalaman saya yg paling berkesan dan tak akan pernah terlupakan.
    Oh, ya buat Abdul Barr dan Karnan, saya ingat antum berdua yaitu kakak kelas saya, apa antum tau saya?
    Kalian mungkin kenal Abduh, Rijal, Luqman, Januar, dll. saya seangkatan dengan mereka.
    Kalau ada yg merasa kenal dengan saya bisa mengirim e-mail ke saya : maulana_clan@yahoo.co.id

  21. assalamualaikum……
    kaifahalukum tman2 ku smuanya yg dr persis bangil khususnya yg dpakistan???
    alhamdulillah tman2 yg dr persis bangil yg dcairo-mesir pada baek2 aje…

    oh ya itu muaz yg dari madura bukan yg tmannya panji and meteor….???kl ia, msh inget ana ga muadz kaka klas antum dulu ktka dpsantren…he3
    skrng antum kuliah dmn akhi muaz…?
    oh ya kl ga salah antum nanya id ym ,mail and fs ana yah ke umar bathis???

    ni id ym, mail and fs ane: arhi_ray@yahoo.com

    smoga ukhuwah kita bs terjaga…amin

    saudaramu: ABU BISYR AGUS ARIYANTO ALMADANIY

  22. assalamu’alaikum wr,wb.. smoga sluruh kluarga besar alumni persis bangil di bumi manapun brada,snantiasa brda dlm ridhoNya, saya alumni persis putri angkatan 2005. meskipun saya tidak mengenal pengelola situs ini.tapi saya sangat mengapresiasi.
    klo da informasi seputar pesantern persis bangil&dunia keilmuan.bisa kirim lewat email saya. saya ingin sekali bisa bertukar fikiran dgn smua alumni persis bangil,trutama yg telah diberi nikmat oleh Allah memperdalam ilmu dinegri org.syukron.
    wish luck. wassalamu’alaikum wr,wb

  23. buat Akhi Husnur Rizki, tentu saja masih inget lah, tapi kayaknya di Ma’had dulu dipanggil Husnur kan bukan Maulana -kalao kagak salah seh gitu-

    yaaa udah semoga sehat selalu sepanjang tahun.
    salam ke keluarga yaa.

  24. Kpada Bang Muazzy…
    Engga bang, saya buka alumni Bangil. Saya alumni Pes Pajagalan Bandung. Antum Kuliah Di mana?

    Kebetulan saya aktif di Pimpinan Pusat HIMA PERSIS sebagai otonom PERSIS di samping Pemuda dan Pemudi PERSIS. Gimana, temen2 di bangil ada minat ga untuk mengembangkan sayap HIMA PERSIS di Jawa Timur? Saya sebenarnya berharap, kaum Muda Mahasiswa PERSIS dapat bersatu membangun PERSIS. jangan terlelap oleh Romantisme sejarah yang membuat kita da PERSIS sendiri yang malah terlalap api kemunduran… HP saya 085624314450

  25. ane bukanya mahasiswa ane keluaran kemaren gak sempet sampe lulus kemeren
    masalah silahturahmi ane usahain dateng
    tggl 5 may besok ane UN doain ya
    sukran

  26. Assalamualaikum

    Ok, Bang muazzi saya doakan smoga lancar dan dimudahkan.

    Bang Husnurrizki Maulana.

    HIMA PERSIS sudah berkembang di jawa barat dan jakarta. kita sebenarnya sudah kontak ke temen-temen mahasiswa Persis di Semarang, Jogjakarta, dan ambon.

    Semarang dan Jogjakarta sedang dalam perintisan. Temen2 Ambon malah mau dideklarasikan di SILATNAS SANTRI PERSIS nanti tanggal 16-19 Mei di bandung.

    Kalau bisa opinikan juga pembentukan HIMA PERSIS di Jawa Timur…

    Semoga dengan melebarnya sayap kemahasiswa Persis dalam kerangka HIMA PERSIS dapat memberikan kontribusi real bagi jamiyyah persatuan Islam. Kami dari Pimpinan Pusat HIMA PERSIS sangat menunggu keterlibatan rekan2 di jawa tmur. Saya fikir tidak ada lagi sekarang bahasa PERSIS BANDUNG, PERSIS BANGIL…
    Ok, kami tunggu responsibility rekan-rekan….

    Salam Perjuangan…

    Deden (085624314450)

  27. asslam. pa kabar temen2 alumni angkatan1992/1999. salam kangen n rindu berat buat kalian semua. jga para ustadz yg telah mendidik kami. maaf ak baru bisa online n menyapa kailian semua. masih teringat jelas kenangan2 manis saat di persis.. pada waktu itu ak menjabat sebagai ketua rayon bagian timur.. ada yoga .uqi. sueb.nasir..harapan ku persis harus lebih baik di masa yg akan datang..by LUQMAN YUSUF 1992/1999 JEMBER JAWA TIMUR.
    Contak bisnis
    YUSCEEL N RESTAURANT
    JL.SLAMET RIYADI 16a RUTENG FLORES NTT
    081339475297. 085234935317

  28. oiya… ak lupa ini alamat e-mail ku y_luqkman@yahoo.co.id. kalo ada no hp atw alamt email temen2 persis harap hubungi aku ya aku udah kangen ma kalian semua. ini no hp ku smua online kok.(simpati 081339475297).(as 085234935371). (Im3 085737254509) hehehe hallo bob kotro gimana kabar nya… kita pernah belajar sakit2 tan hehehehe

  29. assalam wr wb. buat faiz rosidi minta tolong kirim MMS nya foto kita yg lagi di wisuda th 1999. n jga buat temen2 ALUMNI ANGKATAN 1992/1999. kalo ada yg punya no hp atw alamat e-mail nya FIRDUAS HARIS , SAHLAN SUARDI , M NUR HAIRUDDIN , HERMANTO. dll langsung kontak ke aku ya..di 081339475297 / 085234935371. ke emial y_luqkman@yahoo.co.id

  30. Ass.slm ukhuwah fillah… keep smngat dlm mnyampekn dkwah n istqmh b’pegang qur’an n sunnah. HIMA PERSIS Cianjur

  31. semoga teman-teman seperjuangan dalam keadaan sehat selalu.

    Ma’af seandainya selama 2-3 minggu kedepan kami dari FOSPI istirahat dahulu dari kegiatan di dunia maya. karena sedang menghadapi ujian akhir semester.
    mohon do’a dari kalian semua, semoga segala sesuatu dipermudahkan oleh Allah yang Maha Kuasa untuk kita semua, amin…

  32. Assalamu’alaikum ….

    Salam takzim saya buat kawan-kawan Fospi di Pakistan. Semoga selalu istiqamah dalam raung dan riang keilmuan dan bernafas dalam kesungguhan dan penuntasan.

    Syukran buat yang menulis tentang Kontribusi A. Hassan Terhadap Perkembangan Hadis di Indonesia. Apakah tulisan itu ditulis Akh. Qayyim?

    Salam hangat buat Mas Su’ud. Mohon doa dari kawan-kawan untuk penulisan tesis saya tentang A. Hassan juga bisa kelar akhir tahun ini.

    Chandra Deruja
    +6046615748

  33. kami dari keluarga besar FOSPI-PAKISTAN mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada teman-teman seperjuangan yang meluangkan waktunya untuk berkunjung ke website ini.

    semoga silaturrahmi kita tetap berjalan dan semakin kokoh walaupun dari dunia maya.

    semoga sehat selalu sepanjang tahun dan dimudahkan segala urusan oleh-Nya.

  34. Ass…….
    Ahlan wasahlan…..akang-akang semuanya…
    Ana dari Pimpinan Jaringan madinah (PJM) Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (HIMA PERSIS) Tasikmalaya-raya….
    Ana Alumni dari Pesantren Persatuan Islam no.109 kujang Cikoneng Ciamis Jawa Barat…

    Kang…salam kenal saja dari ana…
    terutama buat keluarga besar FOSPI-PAKISTAN
    moga silaturahmi yang kita semua jalin menjadi salah satu amal ibadah bagi kita….

    Kang Deden Syarif Hidayat atau Kang Andri (PW HIMA PERSIS Bandung)….Ana minta logo HIMA PERSIS buat PJM Tasikmalaya Raya…Ana tunggu d e-mail ana : aprilian88@gmail.com

    Salam kenal juga buat kang Deden Rosyad (HIMA Cianjur)…..dari HIMA Tasikmalaya Raya…..

    Syukron akang-akang….

  35. Ass Wr Wb.
    ni ery murid persis yang ndut dan item.
    Gmn kbr persis?
    aQ slalu kkangen ma persis,apalagi saat2 di asrama dulu.
    oh ya ktanya tgl 7 ada reuni?

  36. Ws. Kang Abdul fatah.

    Saya sudah kirimkan logo HIMA PERSIS ke E-mail.

    Jazakallah.. Semoga Rekan-rekan dapat menyulut kembali api pembaharuan keIslaman dan tauladan bagi rekan-rekan yang lain.

  37. As-Salamu ‘Alaykum wa Rahmatullah.

    Pertama, saya ingin menyapa Akh Luqman Yusuf di Flores NTT yang merupakan salah seorang teman seangkatan saya di Pesantren Persis Bangil.

    Kedua, untuk Akh Chandra Deruja, mudah-mudahan penulisan tesis-nya di Bangi segera rampung. Saya juga tengah mempersiapkan penulisan karya ilmiyah terkait dengan “Cara Abdul Qadir Hassan Memeriksa dan Memahami Hadis: Studi Terhadap Kitab Kata Berjawab”, mudah-mudahan kita dapat berbagi ilmu.

    Ketiga, salam buat teman-teman di Mesir, Pakistan, dan Maroko. Selamat berjuang.

    Keempat, salam kenal buat teman-teman Pemuda Persis di Bandung.

    Kelima, teman-teman yang ingin menghubungi saya, silahkan kirim email ke: kayyink_uinmakassar@yahoo.com

    Boht Syukriya Bhai Jaan.

    Abu Ibn Hazm
    Makassar, Sulawesi Selatan.

  38. Assalamu’alaikum kanggo semuanya.

    Teruntuk:

    Akhi Lukman Yusuf
    Afwan, ana belum bisa kirim foto wisuda (sampena lagi “botax” lho). Foto belum ketemu, nanti jika ada, Insya ALLOH saya kirim.

    Akhi Chandra Deruja
    Alahamdulillah, ana senang bisa ketemu n berbincang walau hanya via telepon.
    Ana sangat men-support kegiatan mulia yang sedang antum laksanakan, mudah-mudahan Tesisnya cepaat selesai dan nantinya akan bermanfaat bagi orang banyak. Sukses ya.

    Akhi Ibnul Qayyim:
    Apa kabarnya? Kalo mengaku angkatannya Lukman, mudah-mudahan kenal dengan saya juga ya!

    Kang Abd. Fatah:
    Kang Abdul, wilujeng kenal.
    Dimana kantor HIMA PERSIS TSM?
    Aya kegiatan naon wae di PERSIS TSM?
    Haturnuhun parantos berkunjung ka FOPSI.
    Mugia tiasa janten saudara rerencangan anu ti Bangil.

  39. semakin ramai semakin erat juga hubungan silahturami kita semua

    tolong doung minta no hp nya ust.salam,ust.bakar sama ust.yg ahli fiqih juga.

    tp yg dari ponpes persis aja bar ana kenal

  40. Ass Wr Wb
    aQ skrg kul bar.
    btw km mau nikah ya?
    kmrin kok g datang wkt reuni tgl 7?
    Para santri persis tunjukin klo qt bnr2 org pilihan DARI GUSTI ALLOH SWT.
    OK?

  41. assalamualaikum…….
    kumaha daramang akang-akang sadayana????…
    mudah-mudahan ada dalam lindungan dan hidayah-Nya amien….
    Kang Deden Syukron atas kiriman logonya…
    syukron juga pada keluarga besar FOSPI dan Alumni Pesantren persatuan Islam se-indonesia….
    Salam kenal juga kang Faiz rasyidi dan teman-teman semuanya…mudah-mudahan kita semua menjadi saudara seaqidah walaupun kita berbeda daerah….
    Kang Faiz, kantor HIMA Tasikmalaya bertempat di Pimpinan Daerah Persatuan Islam Tasikmalaya, diantos kasumpingannana….
    Kang Faiz,insyaalloh di HIMA TSM punya kajian rutin tiap minggu dan kajian khusus jika ada masalah yang aktual….dan yang lainnya….
    wassalam…..

  42. Assalamualaikum…..
    Salam kenal kepada semuanya…
    kami dari Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam Tasikmalaya Raya…
    Salam kenal Kepada pengurus FOSPI, Alumni Pesantren persatuan Islam Bangil dan kepada Seluruh alumni persatuan islam se-Indonesia….
    Semoga kita bisa menjadi saudara…amien…
    Jazakallohu khoeron katsiro…
    wassalam….

  43. Wa ‘alaikum salam
    Kabar kami disini Alhamdulillah baik Kang Abdul Fatah. waulaupun sering kali kegerahan di dalam kamar hostel maklum musim panas.

    Amiin….. semoga kita semua dalam lindungan dan hidayah-Nya

  44. Wa ‘alaikum salam
    Ahlaan… wa Marhaban bikum kawan-kawan di PJM HIMA PERSIS Tasikmalaya Raya

    salam kenal juga dari kami KEL. Besar FOSPI-PAKISTAN. Insya Allah kami sampaikan salam Antum ke Milis alumni bangil.

    Terima kasih telah menyempatkan berkunjung kesini.
    semoga sehat selalu sepanjang tahun dan dimudahkan segala urusan oleh-Nya.

  45. Ass Wr Wb.
    Para Saudaraku KAIFAHALUKUM?
    Semoga dalam lindungan GUSTI ALLOH SWT.
    Bar,kowe ga main k malang lagi ta?

  46. asslm.to buat shohibku karnan gmn kabare rek di pakistan saiki karnan salam yo buat konco2 nang kono end mogo2 sukses lan kuliahe lancar wae.ojo lali aku yo ne no hpku saiki 087870074482 dr handy

  47. wa ‘alaikum salam yaaa akhi… Handy
    kabar ku baik rek
    terima kasih yaa atas do’anya… amin

    insya Allah aku sampaikan salam Handy kepada rekan-rekan disini.

    ngomong-ngomong, Handy sekarang kok main internet yaaa??? mulai kapan kecanduan internet?? he he he……. wah pasti ada yang ngajak main ke warnet neh…. hayooo sapa???? kwak kwak kwak
    canda doang Mas Handy….

    ya udah sukses untuk kita, amin yaaa Rabbi….

  48. asskum, saya abituren asal mlg yg dl jrg ad d asrama n malez bgt bwt bljar pljrn daur,he…
    tp stlh saya keluar dari pesantren saya merasakan manfaat apa yg tlh saya dptkan dsna
    melalui forum ini saya ingin mghaturkan terima kasih kpd asatidz dan teman2 yg scr tdk lgsg tlh mmbantu mmbntuk pola pikir saya
    bwt tmn2q seangkatan,,kpn kmpul2 lg?kl k mlg contact2 yaw!!

  49. aSS….
    Maaf semuanya atas kedatangan saya yang mungkin mengganggu aktivitas kalian semua, saya minta tolong nih buat teman2 sekalian, kalo bisa bantu saya dong,ini saya ada tugas sedikit dengan bahan tentang “Sistem Pendidikan Di Negara Pakistan” saya sdh usahakan dan mencari dg Browsing di semua web tdk ada yang memberikan penjelasan tentang itu semua, makanya saya agak bingung mau cari kemana bahan ini. untuk itu tolong dong buat teman2 semua kalo ada yang tau web atau bagusnya yang memang sdh tau bagi ke aku infonya, terima kasih banyak sebelumnya. ini mail aq kalo bisa kirim ke sini aja : ksatria_laki2@yahoo.com
    Wassalam.
    “Salam Kenal Buat Teman2 Semua Dari Aq”

  50. Assalam wr wb
    pertama2 salam untuk saudara kita yg baru gabung akhi ZAHRUDDIN asal breb
    es..yg kedua untuk saudara2 kta se iman seperjuangan se aqidah di mana pun
    ber ada. yg ke tiga salam kangen n rindu buat temen2 seangkatan saya 1992/
    1999 n special untuk para ustadz yg telah mendidik kami , terimakasih yg sebe
    sar2 nya mudah2han apa yg telah ustadz ajar kan kpd kmi akan berguna untuk
    masa yg akan datang . amien…..

  51. Ini nomor ku yg bisa di hubungi (SIMP
    ATI 081 339 250 900) (AS 0852 349 353
    71) (IM3 0857 390 70 300) smua no nya ON LINE kalian smua bisa diskusi
    tentang apa aja….By . LUQMAN YUSUF…

  52. ass…..
    buat temen2 seperjuangan jangan patah semangat berjuang di penjara suci…… nikmati hari2 indah di persis yang bakalan jadi kisah klasik…yang tak terlupakan….to be the best Moslem generation…yang memiliki kapabilitas & Kredibilitas…..by..Nasrul – Mataram… 081931090121…..

  53. Assss……
    pemahaman yang baik senantiasa melahirkan interpretasi yang baik……sehingga melahirkan sebuah apresiasi terhadap orang baik pula…. sdr2Q yg msh belajar di persis..belajar yang sueriussss….kgk ush sering2 lompat pagar

  54. asssss….
    ahlan semua pada khaer2 aj khan…hehe..
    alhmd dlm blog ne qt bs saling silaturahmi,semoga Allah slalu meridhai jalan dan langkah yang qt pilih,demi tegaknya ke Tauhid an pd jiwa2 setiap insan…Amien. selamat berjuang kawan-kawan…
    Qu kan ikut slalu menyertai dengan d0’a…InsyAllah.

  55. asss….
    ahlan untuk ustad2 dsana..
    masih ingat tidak sama salah satu murid kalian yang dari lumajang….
    saya cuma mau minta tolong….
    mau menanyakan apakah setan bisa masuk surga…
    seandainya tidak bisa..
    tapi kenapa setan bisa masuk surga ketika zamAN nabi adam dan setan itu membisikkan kapada nabi adam kalau buah kuldi itu sangat enk…
    trimakasihh.. tolong jawabannya ustad…
    wassal…

  56. wa ‘alaikum salam Mas Saputra

    sebelumnya mohon ma’af jika jawaban dan waktunya kurang tepat sebab kami lagi sibuk ujian.
    sedikit menyinggung pertanyaan anda, ini erat sekali kaitannya dengan masalah Aqidah, jadi tidak boleh asal nyablak ( asal bunyi ) sebab masalah Aqidah menempati urutan teratas dalam keyakinan kita.

    singkatnya, Syaithan pernah diberi izin oleh Alloh subhanahu wa ta’ala untuk tinggal sejenak di dalam Syurga, oleh karena ke engganannya untuk bersujud kepada Adam alaihissalam, maka Alloh mengusir syaithan untuk keluar dari syurga, dikarenakan enggan tunduk kepada adam As, tunduk disini bukan tunduk kepatuhan melainkan tunduk penghormatan atas apa yang Alloh ciptakan.

    yang kedua, dalam kaitannya syaithan berada disurga untuk menggoda adam As, disitu syaithan di Izinkan oleh Alloh untuk tinggal sejenak dengan tanda kutip yaitu ‘ untuk menggoda/ menguji keimanan adam As, bukan dalam rangka bersenang-senang’ ( ala baab al-ibtila’ laisa ala baab an-ni’mah). mungkin segitu dulu jawaban dari kami, mohon ma’af jika ada salah dan kekurangan.

    oleh; Adam Bakhtiar.

  57. Assalamualaikum…..

    Kaifahalukum saudara-saudariku smuanya…?
    oh ya untuk akhi abdul barr agung nugroho harus banyak bersabar yah…,tetap trus smangat dan optimis jangan sampe pesimis yah…

    Allohu yubarik fiik ya akhi abdil barr…
    salam yah buat ayah antum.
    syukron

    wassalam

  58. Assalamualaikum….

    kaifahaluk ya akhi eri santika…?
    msh inget dengan ana kan…?
    oh ya skrng antum kuliah dmn?
    bagaimana kabar malang?msh hujan apel nih…?

    saudaramu: ( Abu Bisyr Agus Ariyanto Almadaniy )

  59. Assalamu’alakum….
    Alhamdulillah ana bisa ketemu ama blog ini. ana bukan alumni persis bangil tapi ana ikut senang dengan kekompakan antum semua. sebab semenjak SD anak di didik secara persis oleh paman ana yang ketua persis sumenep.

    salam kenal buat antum sekalian.

    wassalamu’alaikum…

  60. salam buat semua dari kami di malaysia.selamat berpuasa ramadhan.suasana ramadhan di sini jauh berbeda…saat ingatan menerpa kota bangil kira-kira 15 tahun yang lalu kebahgiaan mengimbau memori kami..sederhana sekali tapi meriah dengan penghayatan ramadhan, menyambut ramadhan dengan hidangan sekadarnya.kami insaf tika itu…kini kami rindu teman-teman, pesantren, ustaz hud, ghazie, umar fanani, maksum, lutfi…kadang kami bebal kerana tidak bisa seperti dulu…batas, masa, dan segalanya hanya allah yang menentukannya.terima kasih +60192008946

  61. Ass. Wr. Wb.

    Ceritanya tahun 97-98 an anna pernah “nyasar” sebentar ke Bangil. Sambil sedikit nimba ilmu sama Uztad Hud saya kenal beberapa teman disitu tapi nggak tahu sekarang pada dimana. Sayang Mahad Ali sudah roboh yah.? Tolong kalau ada yg tahu kabar dan kontak dari sohib Taufik (dari Toli2-Sulawesi-sempay dia ke LIPIA), Saiful (Pasuruan), Bakri (Flores?). Or ada yg tahu email uztad Lutfi or no tlp nya kirim dong….. syukron. Wassalamua laikum.

    Ery Triha-Jakarta

  62. AssaLamualaikum,,,
    smG saudara smw selalu dlm lindungan Allah Swt.
    ga tau niH mw ngetik apa..(?)
    yang jelas sueneng banget bisa nimbrung disini..
    jd kangen sm pesantren… asatidZ, ustadZah..ukhuwah yg sangat kuat,,
    smG siLaturrahim ini ga pernah putus,,
    sukses buat smuanya…
    wassaLam,

  63. assalamualaikum wr.wb…
    apa kbr ponpes putri bangil???wah lama tak bersua dg teman2 dsna,q alumni 2000-2001 tsanawiyah cm mpe class 3 doank,knangan d persis g kan pernah terlupakan dlm hdp q,byk bgt knangan2 indah dg tmn2,dr mulai bkin super (srt p’jlnnan) tiap mw lburan n bkin supermi ma ibu kmr wah g kn p’nah q lupain,btw phon jambu d asrama msh ada g y?hehee…jg inget dl srg manjat pu’un jmbu,oia ada yg knal ma YUNITA NTT taq?dah lm q g tw kbrny,smg aja sll d bri kshtan oleh allah swt amien.guyz tmn2 asrama q dl yg msh inget ma q call me please 085835067770 q kangen bgt ma kalian smua,ank2 kmr 28,22 N 13 YUNITA (NTT),NOOR FAEZAH RAHAMAT (SINGAPORE),HILDA (SBY),ERINA (MLG),BILQIS,FAIZAH,NURUL,INDAH,ENGES (KALIMANTAN),KAK ATIN,KAK HIKMAH,KAK YASMIN,KAK SRI (NTB),KAK PIPIT( LMG),KAK SUZANA,BUNGA,ZAHROH,AYU (NTT),HANA (PWKRTO) DLL.afwan y yg lp ksbt.q g kn p’nah nglupain kalian smua,btw ada yg knal ga niy ma mrka?

  64. slm u ustad masykur ahmad yg dah bntuin ngirim ijazah q,ustad jufri,ustad baha’,mmh…syapa lg y duw lupa…y pkoknya slm bwt smuana aja,oia bubutet,kak umi pengurus asrama gmn kbrnya?

  65. wah q jd inget sm bakso nya pak agus heeheee…uenak tenan…g da yg nandingin hehee…ERINA SAADAH how are u?msh inget taq ma q?btw bukupon d asrama msh ada g y?kl ada wktu dan rezeki pgn bgt b’kunjung ksna smbl mengenang ms lalu.

  66. q pgn bgt bs bljr lg kyk dl d pndk,krn q mrs ilmu q nanggung n blm ckup,q pgn bgt bs mndalami ajaran persis lg,ada yg bs bntu q g y?skr kgiatan q msh kul. kl ada yg mw b’bagi ilmu ma q bs hub q d 085835067770/02196534439 sukron.

  67. wa ‘alaikum salam warahmatullahi wa barakatuhu

    terima kasih kepada kawan sekalian yang sudah menyempatkan mampir di Blog FOSPI-PAKISTAN, kami juga mengucapkan banyak terima kasih terhadap dukungan do’a dan moril dari teman-teman sekalian, semoga Allah swt membalas dengan sebaik-baik balasan dari sisi-Nya amiiiiin.

  68. untuk Mas Zifan jika anda ingin melanjutkan kuliah di IIUI (international islamic university of islamabad) silahkan membaca persyaratannya di rublik BELAJAR DI PAKSITAN https://fospi.wordpress.com/belajar-di-pakistan/ setelah itu bisa kontak saya melalui E-mail fospipakistan@yahoo.com atau telepon rumah +92512532379.

    oh ya Mas Zifan, tolong ucapan salam jangan disingkat dengan ASS yaaa (ass dalam bahasa inggris artinya “keledai/orang yang bodoh/pantat”), karena salam ini adalah termasuk dalam kategori do’a dan ibadah maka tidak semestinya kita menyingkat dengan sesuka hati tanpa ada tuntutan dari Nabi saw, nanti malah dianggap sebagai bid’ah (sesuatu yang baru dalam ibadah).

    karnan.

  69. assalamualaikum ….

    subhanallah senang rasanya bisa bergabung disini. ana sasha (mlg)angktn 07 adek klasnya mbak erina dll. pkbr akhi Karnan,, zifan, apri, Lya masih ingat ana bukan?

    duluu…..

    pkbr semua alumni dipakistan?
    May Allah Bless u…

    bisa melanjutkan sekolah diluar negeri itu sungguh impian untuk ana. kata orang tua ana harus punya mhram dulu untuk kesana, supaya ada yang menjaga. entah sodara bahkan suami. nyatanya ana tidak punya sodara disana kalau menikah rasanya masih belia dan belum matang.
    inginnya sih semoga suatu saat bisa melanjutkan S2 disana dan ada yang mendampingi.

    semangt ana untuk terus belajar sedikit terkikis. ternyata Allah masih tunjukkan yang terbaik bahwa untuk belajar tidak harus keluar asal bersungguh2. karena ana merasa belom mendapatkan apa-apa selama sekolah di PERSIS. its my fault yumkin kurang sungguh2.
    PERSIs adalah penjara suci yang penuh dengan kehangatan, kebersamaan dan kasih sayang. hmmmm…. rasanya ingin kembali ke astri tercinta.kangen………bgd

    oia makasih tuk salah satumahasiswa IIUI yang mengingatkan ana tuk tidak menyingkat salam..
    kebiasaan di SMS pengennya serba instant. mengingat kebanyakan manusia jaman sekarang suka dengan hal-hal yang instant jadi tak mau usaha.oklah ana hanyalah seorang hamba yang tak luput dari noda dan dosa
    NObody’s perfect thx for ALL

    wassalamualaikum ….

  70. oia buat mbak Anne tuh yng mana y? ana adeknya mbak chotim masih ingat gak?chotimatul chusna(MLG)

    bekuponnya masih nancep kok tapi kayaknya mo roboh tuh! dah kropos …. moga ja gak bahayain warga astri.. biar gak da korban jiwa.amiin….

  71. kawan kawan lama ku apa kabar…..bayhaqi.fadil.abubakar.mas ihsan.majid.harun.sonhaji.gofur.samsuddin.arif kacong dan masih banyak lagi.ahhhh….dulu 4JJ1 yg mempertemukan kami.setelah berpisah sekian lama insya4JJ1 suatu saat kita akan di pertemukan kembali amin…..

  72. ass. warga persis yang terhormat dan tercinta………
    setelah sesaat aku baca blog ini, bayanganku terbang,kayalku melayang,dan sekilas ada haru yang dalam, baru kemaren terasa canda dan tawa berderai bersama,mas Qoyim,Luqman,candra dll di Angsley.tiba2 kembali sadar 8 th yang lalu aku udah melangkah pergi, sucses tuk teman teman yang maish diberi kesempatan belajar, kalian akan di nanti selalu…………hanafi 1999/2000

  73. assalamualaikum. warga persis yang terhormat dan tercinta………
    setelah sesaat aku baca blog ini, bayanganku terbang,kayalku melayang,dan sekilas ada haru yang dalam, baru kemaren terasa canda dan tawa berderai bersama,mas Qoyim,Luqman,candra dll di Angsley.tiba2 kembali sadar 8 th yang lalu aku udah melangkah pergi, sucses tuk teman teman yang maish diberi kesempatan belajar, kalian akan di nanti selalu…………hanafi 1999/2000

  74. shava dzie kamu adek kelasnya erina saadah (mlg) y?salam y bwt dy i miss her,btw pny nope dy taq?kak khusnul khotimah kykna q knal deh but lupa2 inget gt heheee…maklum dah lama meninggalkan persis tercinta

  75. afwan y mksd q mbak chotimatul khusna,iya sptna nama itu d asrama ga asing lg bwt q,tp agk lupa dg fisiklynya,andai wkt bs q putar kmbli pgn bgt bs menimba ilmu lg dsna😦

  76. afwan y… mksd q mbak chotimatul khusna,iya sptna nama itu d asrama ga asing lg bwt q,tp agk lupa dg fisiklynya,andai wkt bs q putar kmbli pgn bgt bs menimba ilmu lg dsna😦

  77. AssaLamu’aLaikum..
    ( syukran bwt saudara yg tLah mengingatkan u/ tdk menyingkat ucapan salam, smG Allah sLaLu menjaga Qt smw dR sGaLa ksaLahan).

    mumpung msH syawaL, ana Ucapkan TaQabbaLaLLaahu minna wa minkum, kuLLu ‘Aam wa antum bi_khair..

    bwt ukhty shasha,, ga mungkin ana Lupa sama anti..
    keinginan dan rencana yang slalu qt susun dulu (inget kn,, dulu qt d kLs suks sms_an pake kertas? hwehe) dasar santri bandeL..🙂
    (pdhL duLu Qt janjian se_kampuZ yah??)
    smw nya hanya harapan Qt sBg hambaNya.
    yang pasti, skRg Qt kudu serius menjaLani studY yng sedang Qt tempuh saat ni..

    bwt tmen2 smw… TETEP SEMANGAT!!
    tetep jaga TaLi siLatuRRahim Qt,, WassaLam

  78. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Dah lama bgtz nih g nimbung di sini….
    Hehehehe…
    Hmm…
    Mulai dari mana ya…

    Gini lho,
    Saya dan beberapa org teman(trmasuk saudari yg posting tepat sebelum saya) ingin mnghidupkan kembali HIMA PERSIS di Jatim yg ktanya sudah ada ttapi vakum, bnr gk?
    Rncananya qta pngen mulai dari kampuz qt dlu (kbtulan ana sma ukhti di atas tuh sekampus)…

    Tpi masalahnya qt gk tau mulainya dri mana, mungkin dari antum sekalian ada yg mw beri saran???

  79. wa ‘alaikum salam

    ini saran dari saya Mas Husnur:
    langkah pertama, kita kontak teman-teman terdekat tentang rencana tersebut dan meminta bantuan terhadap teman-taman tersebut supaya menyebarkan info ini agar tersebar luas.

    untuk pendeklarasiannya, bisa kita undang ketua organisasi yang ada di kampus Mas Husnur, sekalian diadain makan siang/malam yaa…. sederhana aja…. tidak terlalu mewah

    dan selanjutnya anda bisa mengaturnya dengan bersama-sama sesuai dengan kesepakatan.

    mungkin hanya itu saja dari saya.

    moga sukses……..

  80. buat karnan gimana kbar pakistan? semoga sehat slalu dlm lindungan Allah,btw ide sapa ya buat blog alumni sperti ini? keren bgt, harapan kita, smoga KITA bisa terus berjuang ditengah arus yang tak menentu, Al-islamu ya’lu wala yu’la alaihi. good luck guys

  81. Karnan wrote:

    kbar pakistan aman-aman aja Mas Ilmy…. walaupun kemarin dalam 1 bulan diguncang bom 2 kali….. alhamdulillah teman-teman disini tetap dalam lindungan-Nya…….

    untuk yang bikin ide seperti ini adalah gagasan dari teman-teman FOSPI (forum silaturrahmi persatuan Islam).

    salam ke teman-teman yang di Indonesia dari kita semua…….

  82. wa ‘alaikum salam….

    saya usahakan untuk mendapatkannya Mas Susanto…..

    kita yang disini juga pemuda2 persis, tapi tidak tau nomer kontak yang anda maksud??

    kalo kita disini bisa kontak dengan nomer +92512532379

  83. Ass Wr Wb.
    Bagaimana umat islam palestina?
    Apa yang bisa Qt perbuat untuk saudara Qt?
    Wahai umat islam janganlah kalian merasa lemah terhadap orang2 kafir,karena kalianlah yang akan menang karena Alloh Swt bersama kalian dan Alloh Swt Maha Tinggi.
    Allohu Akbar

  84. ass…
    gimana kabar saudaraQ disana? semoga langkah jihad kita senantiasa diridhoi oleh Allah SWT..
    padahal kita sesama saudara yang dibesarkan di persis, ketemuan yuuuuukk?? h5h da di bandung lho…kita bertemu dengan saudara-saudara lain…or mungkin mw datang ke kampus tercinta tempatQ bertemu dengan alumni persis lain (UIN SGD)

    1. wa a’laikum salam…..

      alahamdulillah kita semua di negeri Ali jinnah dalam lindungan Allah swt,
      amiiiin…..

      ayo… teman2 yang di Indonesia….. pererat silaturahmi…..
      titip salam jika kawan2 bertandang ke UIN SGD dari FOSPI-PAKISTAN

    1. wa ‘alaikum salam…….

      kabar kita semua disini alhamdulillah sehat…….
      semoga keluarga Abang juga juga dalam keadaan sehat sepanjang tahu…..
      amiiiin

  85. wa’alaikumsalam buat semua,..alhamdulillah fospi bisa kumpul dan bisa silaturahmi walaupun lewat internet moga aja Allah kasih keberkahan buat kita semua yang masih menyempatkan bersilaturahmi. fauzi assalam alumni bangil ’97
    wassalamu’alaikum

    1. wa ‘alaikum salam…..

      ahlan buat para saudara kita…….
      Mas Febr dan Achamad Fauzi……

      amiin… Mas… semoga dengan cara ini kita bisa saling kirim informasi tantangan da’wah dan memperkuat silaturrahmi……..

  86. Ass.Wr.Wb
    Apa Kabar semua saudara ku yang jauh disana.
    udah lah aku gak jumpa dengan kwan2 semua di persis putra bangil.
    aan, sueb, yogex, jujur, rusli, semuaaaaaanya.
    salam dari medan

  87. Ass.sob jangn lupa hubungin we klo udh mau perpisahan mardy zain tempe budi w tunggu d perpisahan 2010
    jngn lupa juga maem2 k jkt
    w mau ceri ta dkt am u pada hari ini w udah dpt PKL doain w ya !!!!!!!!!!!!!
    wasalam

  88. Siapakah ustad salam itu ? aku pernah ikut pengajiannya, dengan metode interaktif informatif membuat aku banyak mendapat pengetahuan agama, shg banyak perilaku ibadah saya yang terkoreksi. SEMOGA USTAD TETAP JAYA, BRAVO !

    1. kalo yang dimaksud ustadz Salam Rusyad…… beliau pengajar di pesantren PERSIS Bangil…
      mampir saja ke pensantren Mas Mufidz, kalo ada waktu bisa ikut pesantren ramadhan di Bangil…. insya Allah masih ada setiap tahun…

  89. karnan ary hanggara teman kita sekamar dulu .skarang uda nikah gmn kamu sudah tau klo ary uda nikah.ne no hp aku 0817408891 hubungi aku secepatnya biar aku tau no hp km dan kawan2.

    1. bentar2 rasanya kita gak pernah sekamar deh…….
      tapi situ yang sering tidur di kamarku…. he he he……

      nomerku masih yang lama kok gak ganti…..

      salam aja ke Ari…. kalo gak salah di dapat orang lamongan kan…..
      anak se-angkatanku….. mantan ketua p4p……

      hebat yaa Ari…. rencananya berhasil untuk nikah di bawah umur 25 tahun…….

  90. nan,kpn lulus dan balik ke indonesia.kalau ane uda kerja jadi teknisi note book Acer indonesia ,penjualn note book ,semenjak aku kluar dari mahad aly langsung kejakarta saya hanya lulus diploma,kalau ary tahun ini lulus S1.

  91. karnan fadli kabar gmn ya /suruh gabung ya.nan sy di minta saya suruh manikah ma keponakan ustd salam jadi bingun ne menurut ente ane uda pantas gak menikah kira2.akwatnya seangkatan ane dia sepupunya kanzul.anak kaltim

    1. Alhamdulillah kabar kita semua sehat dan dalam perlindungan Allah……

      ini bukan masalah pantes ato gak….. tapi keberanian untuk nikah itu harus ada….
      sekarang itu cari istri yang tahu agama itu susah lo Handy…..!!!!
      apa lagi di kota besar seperti jakarta, surabaya, bandung dll………….
      berapa banyak cerita yang ente dengar tentang kebobrokan moral anak2 muda…. terutama ceweknya…… gak bisa dihitungkan…..!!!

      udah, maju aja…. jangan takut ambil kesempatan untuk nikah…….
      masih untung ente ada yang nawarin nikah ama ponakan ustadz…….
      lah aku…. gak ada sama sekali…….

      aku dukung 100% kawan…….
      maju terus…. pantang mundur…….
      MERDEKA………

  92. doain saya ya teman insya allah menikah bulan 9 entar ne ?bulan puasa dan saya banyak terima kasih kawan ya moga kalian dapat juga akwat pakistan .

    1. insya ALLAH aku do’ain supaya rejeki lancar terus………
      keluarga semua jadi orang sukses……….
      dan sehat sepanjang tahun…..
      amiiin………

      untuk nikah ama orang sini, mikir 2 kali aku Han…….
      soalnya banyak hal yang bikin “mikir” itu……
      ama orang indo aja lah…….

  93. ASS WR WB.

    DEKLARASI HIMA PERSIS SELURUH JATIM DI AULA MAN3 MALANG

    PADA TANGGAL 10 MEI 2009

    DATENG YA…..

    WASSALAMUALAIKUM WR WB

  94. assalamu’alaikum! disampaikan kepada seluruh alumni PERSIS thn 97 agar buka alumni97.com, and bisa bandingin muka kite 10 thn yang lalu ama sekrg agar bisa sdr bhw kuburan lg nungguin lu- lu pade

  95. salam kenal dengan mbak ery santika kayaknya saya gak bisa hadir di acara tersebut karena saya masih sibuk urusan kerja din bogor.saya hanya bisa mendoakan moga acaranya suksek dan lancar dalam perlindungan allah.amin

  96. karnan bisa minta no hp teman teman kita di mesir mad lazim nasrul hakim.dkk,dan email juga klo ada tolong kasih saya ya jazakumullah

  97. saya sekarang udah kerja di acer indonesia tempat kerja saya di bogor ama jakarta sekarang jadi teknisi note book.acer.jadi saya internet pakai laptob sendiri di kantor.dan saya uda kerja 1 tahun di jakarta saya selalu onlen coy.

  98. ass. . . . . . . . !
    kawan ku mana nie ga ada yang suka maen ke sini apa?
    skrng lost conteck nei w d JKT ga ada kbr lagi?
    w ga mau tau tolong bngt nie pesan aku d sampein ke teman2 ku yang sedang berjuang d bangil?
    *abd.aziz.hasan
    *irfandi
    *bicung
    *arga
    *zain
    *nanang
    and all my freind
    and girl darut tahid pembawa bencana
    and jari tengah buat cangaan
    maen ke jkt
    w tunggu
    hub:(021)5320053
    MUAZZY
    SALAM PEACE FOREFER

  99. assalamualaikum, saya membantu ahli akdemik jerman ingin menemubual siswa indonesia tamatan universitas india atau pakistan. jika ada maklumat dan sudi menolong, tolong kabarin ya. terimas.

    salam

  100. gimana ya caranya kuliah d pakistan? trus kuliahnya adik2 d jami’ah mana aja? adakah yg tdk kuliah tp d sana nerusin mondok d pesantren? dan skrg brp org alumni persis bangil yg d sana? moga ilmu antum smua bermanfaat sepulang dr sana amin…..

    1. wah ada Abu….
      boleh2 nanti kita pertimbangkan deh… soalnya neh website, udah jarang di buka untuk ditambahi artikel…
      udah pada sibuk ama urusan kuliah anak2….

  101. Assalamualaikkum…
    sya mau tanya, syarat pendaftaran di persis apa aja?
    Gmna sistem pembelajarannya sekarang?
    Soalnya sya lg cari2 info pesantren
    Syukron…

  102. Assalamu’alaikum…… halo…apa kabar semuanya…
    ini aku Hamdun…di SBY…aku kangen dgn Antum2 semua…… masikah kalian ingat dgn aku..??? slm untuk Antum2 semua……!!!

    1. Wa ‘alaikum salam….
      Alhamdulillah baik Mas Achmad…

      wah sepertinya ingatan saya lemah neh… ma’af sebelumnya…. mungkin kawan2 yang lain ingat dengan Mas Achmad.. insya Allah nanti akan saya sampaikan salam antum….

  103. Asslamu’laykum….
    rasanya kembali ke bangil lagi (back to bangil!!)…yg terpenting adalah apa kontribusi kita buat bangkitkn kembali ma’had yg diujung tanduk…al-muslimun yg sudah redup, ana sarankan buat antum di fospi (krn biasanya jk msh jd mahasiswa py semangat utk kenalkan diri-jd msh rajin silaturahim) agar menginventarisir alumni atau abituren di nusantara, mungkin bisa pada forum ini atau FB, ana rasa banyak alumni yg sudah jadi “orang” dpt digugah pemikirannya atau sumbangsih materi atau lainnya…
    ke depan kita agendakan sesuatu yg bermanfaat walau hy via dunia maya,,,OK

  104. dari sejarah singkat yg anda paparkan, tbErsit suatu prtanyaan dlam pkiran sya.
    stahu sya,, Pendiri persis ini adlah H. zam-zam dan H. M. yunus sejak tahun 1923. sdangkan A. HAssan ini hnya sbagai Tokohny sja.

    mohon tinjauannya..
    terima kasih.

  105. Bismillah……..Salam perjuangan !
    pergerakan islam yang di lontarkan jamiyyah persis mulai berdirinya tahun 1923 hingga kini semakin terasa gaungnya di bumi pertiwi yang kita cintai. dengan usianya yang sudah tua persis di kancah nasional maupun internasional sungguh telah memberi kontribusi besar bagi bangsa ini khususnya, dan internasional pada umumnya. namun ada satu permintaan mohon dengan hormat kepada PP.Persis pengadministrasian yang lebih di intensifkan dan tertib, lewat tulisan ini sejak berdirinya persis hingga kini.hatur nuhun … !

  106. ass. kawan2 senasib di ma’had aly 1993-1996 gmn kbrnya ? met kenal lagi and nyambung silaturahim. mampir dong kalo ke kudus salam buat orang malasya bang jabar dan satunya lupa

  107. assalam alaikum wrb buat akh luqman yusuf n qayyim msh kenal saye tak ketua kamar 10 blk timur dah lame skali tak dgr kbr akh macam mane kabar akh skrg sehat aje kan. man jauh tul pegi sampai NTT. qayyim betulke y ade kat makassar jgn2 pernah nampak tapi tak kenal lgi ye anak dah berape skrg yim. ha ha ha. balas

  108. mohon info.. tentang A. Karim Attamimi.? apakah pernah beliau berda’awah ke pulau bali? karena catatan sejarah ada nama beliau.. mhn bntuan karena ana akan merampungkan sejarh masuknya islam ke bali… wassalam

  109. salam hangat semua untuk semua alumni santri persis bangil. ana lagi cari informasi untuk ambil program pasca ke pakistan. ana salman abdillah surabaya alumni tahun 1997. tapi sudah tidak tinggal lagi di surabaya. ana tinggal agak kebarat yaitu kota krian

  110. Assalamualaikum……
    Saya Maisaroh (Pekalongan) Angkt 87/88-92/93
    Saya di ASTRI cuma 3th kmdian saya nikah. Padahal saya pingin si…. nglanjutin sampai lulus, tp… karna ortu sudah mnrima lamaran dari seorang lelaki untukku sewaktu aku masih duduk di kelas 3.
    Akhirnya liburan kenaikan kelas aku pulang dan tidak kembali lagi keASTRI PERSIS. Dan akhirnya aku terima lamaran itu, karna aku pikir ortupilih yang terbaik untuk anaknya. dan memang dia yg terbaik untukku sampai dia plng ke RAHMATULLAH.
    ANAK SAYA 4, 3CEWEK DAN 1COWOK.
    Oya gemana kabar Ustadzah Aliyah, ustzh Ema, ustzh Arminissifatien, ust Ghozzi AQ, ust Luthfi AI ust Jabbar ust Anas dll. Sori… aq tak sebutkan yg lainnya krna aq agak sedikit lupa.
    Dan teman-teman seperti Shofiyyati madura, Wahdaniah jkt, Endang tegal, Masyrufah, Mukhayaroh, petarukan, Isnaniyah cml dll.
    Bagi semuanya yg mengetahui keadaan tmn2, ust-ustzh tlg hubungi ke085876570101 (hafsahlutfiyah@ymail.com)
    Kenapa kok website nya persis gak ada ya…. reoni lagi kapan……….
    Makasih semuanya……
    jazakumullah…

  111. aslm.wr wb.
    5f sebelumnya. disini saya mau bertanya sedikit mengenai pemindahan ponpes persis dari bandung ke bangil.apa latar belakang pemindahan terseebut? terimakasih,saya mohon jawabannya untuk melengkapi tugas kuliah saya.jawaban mohon dkirim ke email saya. wibi992211@yahoo.coo.id terimakasih wslm wr wb

  112. Assalamu’alaikum. Semoga Allah selalu memberikan kemudahan kpd ikhwan-ikhwan di Bangil. Ana Yoni dari Bandung. Keluarga kami termasuk yang se arah dgn prjuangan Persis Bangil. Kenapa sih tokoh-tokoh fiqh Persis sekarang kesannya hanya milik orang Bandung saja? Saya berharap bisa terus berkorespondensi dengan ikhwan-ikhwan di Bangil.

  113. hummmm …. rasanya pengen balikkk ke persis lagii …
    kangen teman” dan guru” semua yang adda di sana …
    suasananya sangat nyamann …
    kak umiii kangennn pelajaran fiqihhh ….

    1. kita tidak bisa menyimpulkan bahwa cerita yang ada di blog itu memang benar2 100% asli, karena untuk memastikan cerita itu benar adanya harus memenuhi beberapa persyaratan yang sangat sulit. seperti 1. orang yang membawakan cerita tersebut harus tsiqah.
      2. tidak ada syad atau ada illat.
      3. apakah orang tersebut benar2 mengalami/menghadiri peristiwa itu.
      dan masih banyak lagi

      semua itu untuk menjaga peristiwa/cerita memang benar2 asli. tidak HOAX.

      1. Bismillahirahmanirrohiim.
        Ane, Dedi Kusmayadi Ankatan 1986 sangat senang dengan adanya blog ini, syukron atas upaya fospi untuk merajut silaturrahim sesama alumni dan abituren Pesantren Persis Bangil. Ane baru ngisi workshop Manajemen Mutudi Pesantren Persis Bangil. Intinya almamater kita butuh support antum semua. Fosfi seyogyanya menggalang reuni besar untuk momentum besar pula agar keluarga besar Persisi Bangil tetap solid dan terus konsolidasi. Isy Kariiman aw Mut Syahidan. Bekasi 12 Maret 2013. Jazaakumullah.

  114. Assalamu’alaikum.
    Afwan sebelumnya, saya cucunya Nuruddin Karimy. Penulisan nama Beliau kurang tepat, disana tertera Nuruddin Karim. Penulisan yang benar yaitu Nuruddin Karimy, memang artinya sama tapi Karimy itu nama klan (fam).

  115. Saya senang membaca artikel yg ada di blog ini,karena sangat memberi inspirasi bagi banyak kalangan umat muslimin indonesia,karena ada salah satu pejuang indonesia yaitu moh.natsir perdana mentri indonesia pertama,semoga persis menjadi pesantren untuk bangsa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s