Arti ولغ dalam إذا ولغ الكلب في إناء أحدكم

*sebuah catatan kecil

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طُهُورُ إنَاءِ أَحَدِكُمْ إذَا وَلَغَ فِيهِ الْكَلْبُ أَنْ يَغْسِلَهُ سَبْعَ مَرَّاتٍ أُولَاهُنَّ بِالتُّرَابِ أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ وَفِي لَفْظٍ لَهُ فَلْيُرِقْهُ وَلِلتِّرْمِذِيِّ  أُخْرَاهُنَّ أَوْ أُولَاهُنَّ

Dari Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Sucinya tempat air seseorang diantara kamu jika dijilat anjing ialah dengan dicuci tujuh kali, yang pertamanya dicampur dengan debu tanah.”

Dikeluarkan oleh Muslim. Dalam riwayat lain disebutkan: “Hendaklah ia membuang air itu.” Menurut riwayat Tirmidzi: “Yang terakhir atau yang pertama (dicampur dengan debu tanah).

Dalam banyak terjemahan hadits yang semakna dengan hadits diatas kata “ولغ” diartikan dengan menjilat. Dikarenakan memaknainya dengan “menjilat” banyak Muslim menjadi phobia/takut dengan anjing seolah-olah hewan anjing itu najis yang sangat berat tingkatnya sampai diwajibkan mencuci sebanyak 7 kali salah satunya dengan tanah.

Bahasa Indonesia tidak memiliki sebuah kata yang tepat untuk mengartikan ولغ kecuali sebuah kata yang mendekati yaitu menjilat. Tetapi dalam bahasa arab menjilat adalah ” لعِق- يلعَق”.

ولغ adalah شرب بأطراف لسانه yaitu minum menggunakan ujung lidahnya. Jadi hal ini semakna dengan apa yang disampaikan oleh Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam, apabila anjing minum di bejana (mangkok, piring, gelas, ember ato segala sesuatu yang digunakan manusia dalam mengolah makanan/minuman) hendaklah dicuci 7 kali salah satunya menggunakan tanah.

waLLAHU  ‘alam.

Akhukum Karnan BA


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s